Permainan Tradisional Diminati Pengunjung IJE 2008

Kompas.com - 05/11/2008, 00:11 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA--Permainan tradisional Indonesia mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggunjung pameran akbar Indonesia-Jepang Expo (IJE) 2008 Kemayoran Jakarta pada 1-9 November 2008.

Beragam permainan tradisional seperti Galah Asin, Teplek, Congklak, atau Tapak Batok, telah menarik minat sebanyak 5.218 pengunjung untuk datang ke Arena PRJ Kemayoran, Jakarta.

Rinanda (11) dari SDN Kayuputih 09 Siemens Jakarta, mengatakan, ia pada awalnya tidak mengenal permainan tradisional Indonesia yang dilombakan karena di sekolah juga tidak ada.

Selain itu juga ada permainan yang berbeda nama dengan yang mereka kenal seperti Teplek atau Engklek yang mereka tahu adalah permainan Dampu, kata Fitra (11) dari sekolah yang sama.

Tak semua siswa dan guru yang mendampingi juga mengatakan kalau siswa hanya mengenal permainan tradisional yang dilombakan dari buku atau cerita dari orang tuanya saja.

Sementara itu, Ahmad Rasta Riswanto (47) Kepala Sekolah SDN Kayuputih 09 siemens melihat ajang ini sebagai bentuk pengenalan budaya bangsa yang sederhana dan menarik.

"Secara khusus kita memang belum pernah mengadakan lomba permainan tradisional seperti ini yang dapat memberikan wawasan siswa tentang hal-hal kongkrit yang ada di negeri sendiri." kata pria asal Kuningan Jawa Barat ini.

Menurut Surya, Kordinator Sekolah untuk Kompetisi Permainan Tradisional Indonesia yang diikuti oleh 23 SD yang ditunjuk dari semua wilayah di Jakarta ada 40 tim yang beberapa sekolah mengirim dua tim dan setiap harinya akan dipilih finalis dari masing-masing permainan yang akan bertemu lagi di final pada tanggal 8 November mendatang.(ANT)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.