Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Menang, Angin Segar Ekonomi Global?

Kompas.com - 05/11/2008, 13:19 WIB

JAKARTA, RABU - Kemenangan Barack Obama atas Jhon Mc Cain sebagai Presiden Amerika Serikat akan memberikan angin segar pada ekonomi global. Pasalnya, standar keuangan akan berubah cenderung ke kiri dan ke tengah atau lebih sosialis.Hal tersebut disampaikan Direktur Pengaturan dan Penelitian Perbankan Indonesia Halim Alamsyah, di gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu (5/11).

"Terpilihnya Obama akan membawa perubahan besar bagi AS. Secara filosofi, pengaturan standar keuangan akan berubah ke kiri dan ke tengah," kata Halim.

Selama ini, standar keuangan lebih ke kanan atau cenderung kapitalis. Lebih lanjut Halim mengatakan, terpilihnya Obama tidak akan memberi dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. "Tidak akan jauh berbeda dan membawa perubahan bagi kita sendiri,"ujarnya.

Sementara itu, Ekonom dari Global Nexus Institute Christianto Wibisono mengatakan terpilihnya Obama juga patut diwaspadai. Presiden AS dari partai Demokrat akan lebih fokus kepada soal-soal HAM, dan politik abstrak.

Dalam ekonomi global, Wibisono menilai, mereka lebih konservatif karena proteksionis dan mementingkan kepentingan AS. "Ini harus diwaspadai jangan sampai euforia Obama," kata Wibisono.

Penasihat ekonomi AS, seperi George Soros, Robert Rubbin, dan Larry Somers harus memberikan nasihat yang betul agar tidak mengulangi kesalahan yang sudah dilakukan dan terjadi krisis. Kemenangan Obama dinilai merubah sejarah AS dan membuktikan AS bisa memilih siapapun yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com