Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarkozy: Obama Raih Kemenangan Brilian

Kompas.com - 05/11/2008, 14:55 WIB

TOKYO,RABU — Perdana Menteri Jepang Taro Aso mengucapkan selamat kepada Barack Obama atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Pemerintah Tokyo menyatakan berjanji akan bekerja sama dengan pemimpin Amerika yang baru itu untuk memperkokoh hubungan kedua negara.
 
Dari Brussel, Uni Eropa menyambut hangat kemenangan kandidat Demokrat Barack Obama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menyerukan "perjanjian baru".

"Ini adalah saatnya untuk memperbarui komitmen antara Eropa dan AS," kata Barroso dalam pernyataannya. "Kami ingin mengubah krisis yang terjadi sekarang menjadi suatu peluang baru. Kami ingin kesepakatan baru untuk dunia baru," tegasnya. Lpuchner mengatakan, dia berharap Obama akan meraih sukses terbesar.

Sementara itu, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyampaikan selamat kepada Barack Obama atas "kemenangan brilian" dalam pemilihan presiden AS.

"Saya menyampaikan kepada Anda ucapan selamat saya yang paling hangat dan atas nama semua rakyat Perancis," kata Sarkozy kepada Obama dalam sepucuk surat yang dipublikasikan oleh Kantor Kepresidenan Perancis, Rabu. "Kemenangan brilian" Anda menunjukkan suatu komitmen tak kenal lelah untuk melayani rakyat AS," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com