Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Lindungilah Kami!

Kompas.com - 11/11/2008, 15:14 WIB

JAKARTA, SELASA — Diskriminasi yang masih melekat bagi kaum lesbian, gay, biseksual, transeksual (LGBT) seharusnya menjadi tanggung jawab negara untuk melakukan sosialisasi keberadaan mereka, bukan sebagai hal yang menyimpang. Negara juga harus memastikan pemenuhan kebutuhan perlindungan terhadap mereka sebagai warga negara yang memiliki hak yang sama seperti tertuang dalam Deklarasi Umum HAM.

Demikian dikatakan Komisioner Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Yosep Adi Prasetyo dalam seminar nasional mengenai seksualitas yang ditabukan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (11/11). "Pemerintah perlu menyosialisasikan perspektif baru tentang LGBT bahwa mereka ada sebagai suatu hal yang alamiah yang tak perlu disangkal dan sebagai keragaman orientasi seksual yang harus diakui," tuturnya.

Kaum LGBT juga memiliki hak yang sama, dikatakan Yosep, yakni hak sipil, sosial, politik, dan ekonomi yang tertuang dalam Deklarasi Umum HAM dan telah diterapkan dalam beberapa instrumen HAM nasional. "Ada asas nondiskriminasi dan persamaan di hadapan hukum sehingga dilarang untuk mengeliminasi atau menyingkirkan orang atau kelompok LGBT. Padahal, masih sering kekerasan dilakukan atas kaum ini dengan alasan penyebar HIV/AIDS dan penyakit seksual menular lainnya," kata Yosep.

Selain itu, aktivis perempuan Siti Musdah Mulia mengatakan, kelompok LGBT harus berjuang untuk mendapatkan pemenuhan hak asasi dan hak sipil. "Mereka juga harus membuktikan bahwa semua tuduhan yang selama ini dialamatkan kepada mereka adalah tidak benar, seperti melakukan kekerasan seksual, penyebar HIV/AIDS dan penyakit seksual menular lainnya," kata Musdah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com