Vaksin Pencegah Kanker Servik Dapat Penghargaan Bergengsi

Kompas.com - 11/11/2008, 23:23 WIB
Editor

GARDASIL, vaksin untuk mencegah 4 tipe HPV (6,11,16,18), meraih penghargaan bergengsi yang diperuntukkan bagi penemuan penting dalam penelitian di bidang farmasi yang dapat disetarakan dengan penghargaan Nobel.

“Sangatlah membanggakan menjadi bagian dari proses tranformasi sebuah terobosan ilmiah yang menjadi manfaat nyata bagi kesehatan masyarakat,’’ kata Didier Hoch, Presiden Sanofi Pasteur MSD.

“Hanya 30 tahun setelah ditemukan bahwa HPV adalah penyebab kanker serviks dan penyakit-penyakit HPV lainnya, saat ini kita dapat memegang vaksin yang bisa menyelamatkan hidup dan dapat mencegah penderitaan dari ribuan dan bahkan jutaan wanita. Kemajuan ini belum pernah terjadi sebelumnya di dunia farmasi dan kesehatan."

Sejak tahun 2006 hingga tahun 2008, Gardasil telah memenangkan penghargaan nasional Galien di beberapa negara seperti Belgia, Perancis, Belanda, Swiss, Amerika Serikat dan Inggris.

Gardasil juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan lainnya, termasuk penghargaan Scrip Award pada tahun 2006 dari jurnal farmasi Inggris sebagai "Produk Biologi Baru Terbaik" dan pada tahun 2007 berhasil mendapatkan penghargaan Medec dari praktisi dokter umum Perancis sebagai "produk terbaik".

Sepanjang tahun 1970an, Professor Harald zur Hausen, peraih penghargaan Nobel di bidang Fisiologi atau Pengobatan, menyebutkan peran dari HPV dalam menyebabkan kanker serviks. Ia mengembangkan ide ini selama lebih dari 10 tahun dengan mencari tipe – tipe yang berbeda-beda dari HPV.

Tahun 1983, puncak penelitian Harald adalah ditemukannya HPV tipe 16 sebagai penyebab kanker serviks. Di tahun 1984, Harald zur Hausen berhasil memisahkan dan menggandakan HPV tipe 16 dan 18 dari tubuh pasien kanker serviks. Hari ini telah diketahui bahwa HPV tipe 6,11,16 dan 18 adalah penyebab dari kebanyakan penyakit kelamin yang berhubungan dengan HPV.

Pengembangan Gardasil dimulai pada permulaan tahun 1990-an. Saat ini, 2 tahun setelah persetujuan pertama di tahun 2006, Gardasil telah disetujui di 107 negara dan digunakan secara luas dengan jumlah sebanyak 36 juta dosis terdistribusi di seluruh dunia [per- akhir September 2008].

Gardasil, adalah satu-satunya vaksin yang dapat mencegah 4  tipe HPV (6,11,16,18). Sebagai tambahan proteksi terhadap kanker serviks, Gardasil juga mendapatkan persetujuan untuk pencegahan pra kanker serviks, pra kanker vulva dan pra kanker vagina, serta melindungi dari kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Empat tipe ini bersama – sama merupakan penyebab dari kebanyakan penyakit kelamin yang terkait HPV. Gardasil tersedia di Inggris, diindikasikan bagi perempuan usia 16 – 26 tahun dan pada anak- anak serta remaja antara usia 9 – 15 tahun.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X