Dua Pilihan Struktur Balkon

Kompas.com - 12/11/2008, 13:34 WIB
Editor

BAGAIMANA membuat struktur balkon yang kuat dan aman? Langkah paling jitu adalah membuat balkon memiliki penyangga utama. Misalnya dua kolom penyangga pada bagian ujung depan balkon. Langkah itu lebih banyak diterapkan pada balkon berangka konvensional.

Balkon dengan konsep "melayang" konstruksi dan hitungan kekuatan struktur yang dibutuhkan berbeda. Balkon dengan konsep melayang, rata-rata membutuhkan sistem konstruksi kantilever alias konstruksi balkon yang hanya menambatkan satu sisi balkon pada dinding. Berikut disampaikan uraian tentang kedua jenis struktur ini.

Rangka Konvensional - Konsep rangka model ini memiliki kekuatan struktur prima.  Kolom-kolom yang menjulang ke atas menjadi penyangga yang kuat. Konsep rangka ini dapat mendistribusikan beban pada lantai balkon dengan baik. Aplikasi seperti ini sangat tepat diterapkan pada balkon berukuran luas.

Struktur Kantilever - Struktur ini cocok diaplikasikan pada balkon dengan bentang pendek. Misalnya 1-1,5 ke arah luar bangunan. Menggunakan konstruksi ini, budget pembangunan bisa saja dihemat. Namun konsekuensinya, struktur kantilevernya harus benar-benar kuat. Hal ini pun meliputi struktur dinding penyangga balkon. Hal ini dikarenakan balkon ini hanya bertumpu pada satu sisi saja, yakni sisi yang menempel ke dinding. Olehkarenanya, jika ingin memilih balkon berkonstruksi kantilever, maka lebih cermatlah menghitung beban yang akan dipikul oleh konstruksi kantilever. Jika salah menghitung, bisa-bisa balkon Anda ambruk.

Penulis: Whery
Foto: Lucky



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X