Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pilihan Struktur Balkon

Kompas.com - 12/11/2008, 13:34 WIB

BAGAIMANA membuat struktur balkon yang kuat dan aman? Langkah paling jitu adalah membuat balkon memiliki penyangga utama. Misalnya dua kolom penyangga pada bagian ujung depan balkon. Langkah itu lebih banyak diterapkan pada balkon berangka konvensional.

Balkon dengan konsep "melayang" konstruksi dan hitungan kekuatan struktur yang dibutuhkan berbeda. Balkon dengan konsep melayang, rata-rata membutuhkan sistem konstruksi kantilever alias konstruksi balkon yang hanya menambatkan satu sisi balkon pada dinding. Berikut disampaikan uraian tentang kedua jenis struktur ini.

Rangka Konvensional - Konsep rangka model ini memiliki kekuatan struktur prima.  Kolom-kolom yang menjulang ke atas menjadi penyangga yang kuat. Konsep rangka ini dapat mendistribusikan beban pada lantai balkon dengan baik. Aplikasi seperti ini sangat tepat diterapkan pada balkon berukuran luas.

Struktur Kantilever - Struktur ini cocok diaplikasikan pada balkon dengan bentang pendek. Misalnya 1-1,5 ke arah luar bangunan. Menggunakan konstruksi ini, budget pembangunan bisa saja dihemat. Namun konsekuensinya, struktur kantilevernya harus benar-benar kuat. Hal ini pun meliputi struktur dinding penyangga balkon. Hal ini dikarenakan balkon ini hanya bertumpu pada satu sisi saja, yakni sisi yang menempel ke dinding. Olehkarenanya, jika ingin memilih balkon berkonstruksi kantilever, maka lebih cermatlah menghitung beban yang akan dipikul oleh konstruksi kantilever. Jika salah menghitung, bisa-bisa balkon Anda ambruk.

Penulis: Whery
Foto: Lucky

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com