Lebih Aman, Bakar dengan Microwave

Kompas.com - 19/11/2008, 11:32 WIB
Editor

BAKARAN sate kambing dengan aroma tajam pasti mengundang selera makan. Hanya saja, cara pembakaran langsung di atas bara api ini nyatanya bisa mendatangkan karsinogenik dan penurunan gizi makanan. 

Menurut Ali Khomsan, Ahli Gizi dari Departemen Gizi Masyarakat IPB, cara pembakaran terbaik adalah menggunakan microwave. Energi gelombang  elektromagnetik pada proses pemakaian microwave menyerap molekul air, lemak dan gula.

Alhasil, pengolahan cara ini bisa memperkecil kemungkinan hilangnya kandungan gizi dari bahan yang diolah. Sayangnya, masyarakat belum terbiasa dengan cara ini. Selain rasanya yang tak senikmat bila dibakar langsung, pemakaian microwave juga butuh biaya yang lebih besar. 

Jangan lupa sayur, buah, dan teh
Jangan terlalu takut menyantap makanan bakar. Asal tak berlebahan dan tidak terlalu gosong, makanan yang dibakar tetap bisa Anda nikmati. Lebih pas lagi jika Anda menyantap bakar-bakaran itu dengan sayuran dan minuman yang bisa menetralisir dampak buruknya.

Saptawati Bardosono, Dokter Gizi dari FKUI bilang, sayuran memiliki antioksidan tinggi. "Antioksidan dapat berfungsi sebagai antikarsinogenik yang bisa jadi penetralisir," ujar dia.

Karena itu, jangan lupa menyantap lalapan sayuran yang menyertai makanan bakar itu, seperti selada, kol, timun atau tomat. Jangan lupa untuk membasahi kerongkongan dengan teh atau jeruk. Mereka bisa jadi antikarsinogenik yang cukup mumpuni. (Tunggul Joko Pamungkas)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.