Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tom Ford di Balik Tampilan James Bond

Kompas.com - 21/11/2008, 14:29 WIB

Selain mobil sport, gadget spionase canggih, dan cewek cantik yang seksi, film James Bond juga punya ciri khas lain, yakni penampilan yang selalu stylish sesuai dengan citra Mr.Bond yang ganteng dan flamboyan.

Pada film terbaru Bond, Quantum of Solace, Daniel Craig, pemeran Bond, tampil dengan gaya berbusana yang agak beda, yakni lebih keras dan "cowok banget"  ala sosok Bond yang diperankan oleh Sean Connery. "Di sini Bond jarang tampil necis, warna-warna busananya lebih banyak hitam, putih, biru, atau abu-abu," kata Louise Frogley, kostum desainer film Quantum of Solace.

Untuk menguatkan karakter dingin Bond, dipilihlah desainer Tom Ford, mantan desainer utama rumah mode Gucci dan Yves Saint Laurent. Sebelumnya, Ford juga mendesain outfit yang dikenakan Craig dalam acara-acara karpet merah.

Secara keseluruhan, Ford membuat desain sederhana dan agak konvensional namun memberi kesan lebih langsing. ""Dengan mendadani Bond dengan gaya yang seperti ini, saya justru ingin menonjolkan gaya yang simpel namun berkelas," katanya.

Hasilnya memang penampilan Bond yang simpel dan natural, mendekati image seorang agen mata-mata yang keras dan dingin. "Saya sudah banyak membuat desain yang extravangant, tapi rasanya itu kurang cocok untuk Daniel Craig atau Bond. Bond memakai banyak seragam," tutur Ford.

Dalam film James Bond ke-22 ini, Ford menyiapkan 450 outfit untuk 11 kali pergantian kostum dalam seluruh film. Keseluruhan outfit tersebut termasuk replika busana untuk pemeran pengganti dan tuxedo berwarna biru kelam dengan kerah klasik yang dipakai Bond.

Menurut Frogley, saat Ian Fleming, pencipta Bond, memperkenalkan sosok Bond pada dunia setelah Perang Dunia II, ide mengenai busana mewah adalah sesuatu yang menggairahkan dan di luar benak banyak orang. Tuxedo yang selalu dipakai Bond dalam film adalah simbol yang sempurna untuk kekayaan dan sophisticated. Dengan busana ini, Bond datang ke tempat-tempat yang mungkin hanya bisa dibayangkan para penggemarnya.

Sebagai seorang agen rahasia, tentu saja Bond tak lepas dari aksi berlari, melompat, dan menghindari terjangan peluru, namun tetap terlihat gaya. Oleh sebab itu pemilihan tekstil yang dipakai pun menjadi hal penting. Ford mendesain jaket yang longgar agak di bawah pinggang, sehingga aksi Bond tak terganggu.

"Jaket yang dipakainya akan mengikuti gerakan tubuh Daniel yang melakukan banyak gerakan. Ini sangat cocok untuk Bond. Pada tahun 1990-an potongan longgar lebih populer, namun kini eranya potongan Italia yang melangsingkan ala tahun 1960-an," kata Frogley.  Lagipula, meski sepanjang film Bond tidak melepas bajunya, namun kita masih bisa membayangkan badan berotot yang dimiliki Craig.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com