Balkon Lengkung Sistem Kantilever

Kompas.com - 26/11/2008, 13:37 WIB
Editor

BALKON lengkung pada bagian depan rumah ini menjadi poin utama bangunan. Keberadaannya sangat menonjol. Aksen setengah lingkaran, berprofil garis, berwarna putih, menjadikan balkon juga sebagai elemen fasad rumah.

Balkon setengah lingkaran menggunakan struktur kantilever. Sistem ini meniadakan kolom sebagai penyokong bagian bawah. Kompensasinya, kolom dan struktur utama balkon ini berukuran lebih besar.Misalnya pada kolom utama. Kolom ini dibuat setebal 60cm, lebih tebal dari rata-rata kolom utama bangunan.

Sebagai elemen terdepan bangunan, balkon ini tidak dibiarkan polos. Ada profil yang berbentuk garis melingkar dan bersusun pada bagian bawah balkon. Bagian profil ini dicat putih, sewarna dengan warna pintu dan jendela. Ini dilakukan untuk memperoleh keserasian warna pada fasad.

Tentu karena bentuknya melingkar, pagar balkon pun dibuat melingkar. Bahan railing ini dari besi tempa. Konstruksinya kuat karena railing ditambahkan ke dinding kolom dan bagian bawah balkon.

Membentuk hiasan garis. Sangat lembut dengan balutan cat putih. Railingpun berbentuk serupa karena mengikuti balkon. Bahan besi tempa dipilih untuk railing sebagai tiang. Besi ditekuk membentuk setengah lingkaran. Tiang diikat dengan handrail. Handrail disekrup ke dinding. Penyekrupan untuk mengikat juga bertujuan menyalurkan beban railing ke dinding.

Lantai balkon akan nampak luas karena bentuk lengkungnya. Hal ini lantaran tidak ada batasan bidang atau tiang, seperti pada balkon kotak berstuktur tiang.

 

Penulis : Whery
Foto : Lucky



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X