Arti Penting Struktur Rangka Balkon

Kompas.com - 27/11/2008, 14:59 WIB
Editor

STRUKTUR rangka menjadikan tiang terhubung dan terikat pada balok. Gunanya sebagai penahan beban lantai. Furnitur atau beban orang beraktifitas termasuk di dalam beban lantai. Beban tersalur dari balok menuju ke tiang, dan kemudian disalurkan ke fondasi.

Kekuatan struktur rangka hadir dari sistem monolit. Sistem ini juga mengesankan kaku pada balkon. Kekuatan untuk menahan beban gaya tekan struktur hadir tersendiri. Kekakuan berfungsi untuk menahan beban aktivitas orang termasuk pergerakan angin.

Beton bertulang dengan fondasi setempat (umpak) jadi material pengisi struktur. Sistem pengisi beton dengan cor di tempat.

Pilihan material lain adalah baja. Penggunaan baja, pada tiap bagian dilas, dipaku dan dibaut. Kayu juga dapat menjadi pengisi fondasi rangka, asalkan memiliki dimensi yang cukup, juga detail sambungan yang tepat.


Penulis : Whery



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X