Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Kiat Sukses Berperan Ganda (1)

Kompas.com - 08/12/2008, 11:36 WIB

Banyak wanita yang kini berperan ganda. Sebagai ibu rumah tangga dan wanita karier. Masalah yang sering muncul adalah, susahnya menyeimbangkan dua tugas tersebut. Berikut sejumlah kiat untuk Anda.

1. Atur Rutinitas Pagi
Sebaiknya Anda bersikap disiplin dan tegas dalam mengatur rutinitas pagi agar seluruh anggota keluarga, termasuk anak Anda terbiasa. Bangunlah sebelum anak-anak bangun, lakukanlah olahraga ringan seperti yoga atau senam ringan dan minum segelas kopi panas. Siapkan baju, sepatu, seragam, dan makan siang anak Anda pada malam sebelumnya. Selain untuk mengindari kepanikan, hal ini juga menghindari perdebatan dengan anak-anak Anda yang kadang merasa tak cocok dengan baju yang Anda pilihkan. Untuk sarapan, siapkan yang praktis seperti roti, sereal atau mi instan.

2. Pantau Keseharian anak
Jika tempat kerja berdekatan dengan sekolah si kecil, tak ada salahnya mengantarkannya ke sekolah. Bantulah dia membuat PR. Bila Anda mempunyai pembantu, seringlah berkomunikasi dengannya agar tahu apa saja kegiatan dan perkembangan si kecil. Anggaplah dia sebagai teman yang bisa diajak diskusi. Jka si kecil sakit, Anda perlu kerja sama dengan suami, terutama soal pembagian tugas merawatnya. Jika tak punya pembantu, Anda bisa minta bantuan keluarga dekat atau tetangga yang dapat dipercaya untuk merawatnya. Anda bisa mengontrol keadaan si kecil melalui telepon saat berada di kantor.

3. Luangkan Waktu Di Malam Hari
Meski letih sepulang kerja, luangkan sedikit waktu untuk si kecil. Lakukan saja hal-hal kecil seperti menemani mereka nonton teve, membacakan buku cerita atau memasak makan malam bersama. Sesekali, saat akhir pekan ajak mereka makan malam di restoran atau berlibur ke luar kota. Gunakan saat-saat kebersamaan tersebut untuk menanyakan apa saja kegiatan dan pengalaman si kecil. Misalnya, "Tadi belajar apa saja di sekolah?" atau "Kegiatan kemahnya asyik, enggak?"

4. Komunikasi Dengan Suami
Meski sibuk bekerja dan mengurusi anak, jangan sampai Anda melupakan suami. Dia juga butuh perhatian Anda, lho. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan dengan suami, misalnya nonton teve, makan siang atau makan malam berdua dan saling mengirim email saat bekerja. Agar sukses berduaan dengan suami di rumah, sebaiknya tidurkan dulu si kecil agar Anda berdua bisa lebih leluasa ngobrol atau berhubungan intim. Untuk mempertahankan api asmara antara Anda dan suami, tak ada salahnya Anda berdua mengatur kencan romantis seperti saat pacaran dulu. Agar tak mendapat 'gangguan' dari si kecil, Anda bisa menitipkannya pada orang tua atau meninggalkannya di rumah di bawah pengawasan pembantu Anda.

5. Jangan Anggap Sebagai Beban
Kesibukan mengurus perkerjaan rumahtangga dan pekerjaan sebagai wanita karier tak jarang membuat Anda stres dan tertekan. Stres memang tak bisa dihindari, tapi bisa dikurangi. Percaya diri dan bahagialah dengan apa yang telah Anda capai. Yang penting, nikmati peran Anda sebagai seorang ibu yang bisa melihat anak-anak Anda tumbuh dan berkembang. Selain itu, dalam melakukan pekerjaan, jangan pernah menjadikan peran ganda Anda sebagai 'tameng' atau alasan. Si kecil yang sakit, sebaiknya jangan dijadikan alasan agar Anda bisa mengambil cuti. Kalau memang anak Anda sakit, katakan saja kalau Anda memang butuh cuti, tanpa embel-embel anak sakit.

6. Sederhanakan Jadwal
Susun jadwal sehari-hari yang mencakup kegiatan rumah tangga dan pekerjaan dan usahakan untuk mematuhinya. Tak hanya berlaku untuk kegiatan rumah sehari-hari, penyederhanaan ini juga berlaku untuk rutinitas dandan Anda. Jika waktu Anda di pagi hari mepet, hindari pemakaian make-up yang membutuhkan waktu lama, seperti maskara. Selain susah membubuhkannya, Anda juga akan kesulitan saat membersihkannya. Pilihlah make-up yang simple dan praktis. Selain itu, Anda juga perlu menyusun jadwal yang terkait dengan pekerjaan Anda. Jika biasanya Anda punya kebiasaan buruk menunda pekerjaan, segera hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Makin cepat Anda kerjakan tugas dari atasan, makin baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com