Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaisar Akihito Akhirnya Muncul di Depan Publik

Kompas.com - 23/12/2008, 11:13 WIB

TOKYO, SELASA — Kaisar Akihito akhirnya muncul di hadapan publik Jepang di hari ulang tahunnya yang ke-75 setelah sempat mendapat perawatan dan dikabarkan mengalami stres memikirkan suksesi kekaisaran Jepang.

Wartawan ANTARA menyaksikan dari Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, Selasa (23/12), melihat Kaisar Akihito yang didampingi Putri Michiko dalam kondisi sehat dan tersenyum pada rakyat Jepang disertai lambaian tangan.

Rakyat Jepang menyambut lambaian tangan kaisar dengan mengangkat tangan dan menyuarakan teriakan "Tenno Haika Banjai" berkali-kali.

Kemunculan Kaisar membuat rakyat lega karena sebelumnya Kaisar membatalkan jumpa pers di hari ulang tahun yang ke- 75 tepat jatuh pada 23 Desember yang juga dijadikan sebagai hari libur nasional.

Dalam pidatonya yang belangsung lima menit, Kaisar berdoa agar kehidupan rakyat Jepang tetap sejahtera meskipun saat ini masih dilanda kesulitan akibat krisis ekonomi yang melanda dunia termasuk Jepang.

"Saya berdoa kehidupan ekonomi bisa membaik pada tahun depan meskipun masih dalam keadaan ekonomi yang tetap sulit," kata Kaisar.

Lebih jauh Kaisar mengingatkan bahwa tahun depan juga akan menjadi tahun yang cukup menyulitkan sehingga rakyat diminta untuk menjaga kesehatan dan terus bekerja keras agar kehidupan bisa lebih baik.

Di awal sambutannya Kaisar juga sempat menyambut ribuan rakyat Jepang dan juga warga asing. Suasana dingin yang menyelimuti Jepang tidak mengendurkan semangat rakyat untuk menunggu di lapangan Istana sejak pukul 07.00 waktu setempat dan pintu gerbang baru dibuka pada pukul 09.30.

Kaisar berpidato dari depan balkon Istana dalam ruangan kaca antipeluru pada pukul 10.20 waktu setempat dan berbicara selama lima menit dengan didampingi Pangeran Naruhito dan istri serta putra kedua, Pangeran Akihino dan putri Kiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com