Kaisar Akihito Serukan Saling Tolong

Kompas.com - 01/01/2009, 04:24 WIB
Editor

TOKYO,KAMIS-Kaisar Jepang Akihito berpesan agar seluruh rakyat Jepang bergandengan tangan dan saling tolong-menolong di sepanjang tahun 2009, terutama dalam mengatasi krisis ekonomi global yang juga melanda Negeri Matahari Terbit itu.

Demikian pesan Tahun Baru yang disampaikan Kaisar Akihito kepada rakyat Jepang, seperti disiarkan harian The Mainichi Daily News di Tokyo, Kamis (1/1), dalam situsnya di internet.

"Saya sangat berharap, dengan bekerja sama dan bijaksana serta saling tolong kita akan mampu melewati masa-masa sulit ini," kata Akihito.

Sejak musim gugur tahun 2008, kata kaisar, dampak dari krisis keuangan global sudah terasa di seluruh Jepang. Hal itu sangatlah memprihatinkan, terlebih saat perekonomian yang sulit juga dihadapi rakyat. "Tahun ini, adalah tahun ke-20 saya bertakhta dan juga merupakan tahun ke-50 perkawinan kami. Begitu banyak hal yang sudah kami lewati. Bersama permaisuri, saya akan terus berjuang bagi negeri dan rakyat Jepang," katanya lagi.

Lebih jauh, kaisar yang baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-75 pada 23 Desember 2008, mengingatkan meski tidak ada badai topan yang menerjang, namun terjadi berbagai peristiwa bencana alam yang meminta korban jiwa.  Itu sebabnya kaisar menekankan pentingnya tetap menjaga kewaspadaan dalam mencegah jatuhnya korban bencana yang lebih besar.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X