Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaisar Akihito Serukan Saling Tolong

Kompas.com - 01/01/2009, 04:24 WIB

TOKYO,KAMIS-Kaisar Jepang Akihito berpesan agar seluruh rakyat Jepang bergandengan tangan dan saling tolong-menolong di sepanjang tahun 2009, terutama dalam mengatasi krisis ekonomi global yang juga melanda Negeri Matahari Terbit itu.

Demikian pesan Tahun Baru yang disampaikan Kaisar Akihito kepada rakyat Jepang, seperti disiarkan harian The Mainichi Daily News di Tokyo, Kamis (1/1), dalam situsnya di internet.

"Saya sangat berharap, dengan bekerja sama dan bijaksana serta saling tolong kita akan mampu melewati masa-masa sulit ini," kata Akihito.

Sejak musim gugur tahun 2008, kata kaisar, dampak dari krisis keuangan global sudah terasa di seluruh Jepang. Hal itu sangatlah memprihatinkan, terlebih saat perekonomian yang sulit juga dihadapi rakyat. "Tahun ini, adalah tahun ke-20 saya bertakhta dan juga merupakan tahun ke-50 perkawinan kami. Begitu banyak hal yang sudah kami lewati. Bersama permaisuri, saya akan terus berjuang bagi negeri dan rakyat Jepang," katanya lagi.

Lebih jauh, kaisar yang baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-75 pada 23 Desember 2008, mengingatkan meski tidak ada badai topan yang menerjang, namun terjadi berbagai peristiwa bencana alam yang meminta korban jiwa.  Itu sebabnya kaisar menekankan pentingnya tetap menjaga kewaspadaan dalam mencegah jatuhnya korban bencana yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com