Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Memulai Meditasi

Kompas.com - 20/01/2009, 13:49 WIB

SUDAH  banyak penelitian membuktikan meditasi bisa menurunkan risiko sejumlah penyakit, membebaskan Anda dari stres dan membuat bahagia. Kesalahpahaman terbesar soal meditasi adalah banyak orang berpikir ada sejumlah rahasia yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memulai meditasi.

“Yang Anda butuhkan hanyalah sediakan sedikit waktu untuk mengalihkan perhatian dari kesibukan sehari-hari,” kata Stephan Bodian, terapis dan penulis buku Meditation for Dummies.

Apa sebetulnya rahasia meditasi menurutnya?
1.    Lakukan di tempat yang tenang. Jika memungkinkan, sediakan tempat di rumah untuk bermeditasi. Kalau tak ada ruang khusus, sediakan kursi favorit saja. Anda tak harus bermeditasi dengan bersila atau posisi lotus. Duduklah dengan nyaman.

2.    Tutup mata untuk memfokuskan pikiran ke dalam. Buka mata sebentar jika Anda merasa mengantuk.

3.    Pilih kata yang berarti untuk Anda, misalnya damai. Ulangi kalimat itu perlahan di setiap napas. Atau duduklah dan perhatikan napas. Jika pikiran mulai berkeliaran, perlahan kembalikan konsentrasi ke napas.

4.    Konsisten. Pilih tujuan kecil tetapi mudah dicapai terlebih dahulu. Meditasi 10 menit setiap hari cukup untuk menurunkan kadar stres secara dramatis. Memang butuh beberapa waktu menjadikan praktik meditasi ini menjadi kebiasaan sehat. @

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com