Jika Istri Tidak Puas dengan Suami

Kompas.com - 26/01/2009, 22:25 WIB
Editor

T. Apakah memang benar seks begitu penting bagi pasangan suami istri? Jika isteri tidak puas dengan suaminya dalam hal seksual, apa yang sebaiknya suami harus lakukan?

J. Ya, seks sangat penting dalam satu perkawinan. Seks juga merupakan bentuk komunikasi yang sangat intim untuk pasangan. Jika satu pasangan tidak memuaskan, sangat penting untuk berbagi secara terbuka dan mengidentifikasikan alasannya.

Dalam sebagian besar kasus, ketidakpuasan ini biasanya tidak semata terkait dengan satu pihak tetapi kedua belah pihak entah secara langsung maupun tidak langsung. Biasanya, seorang istri/suami begitu mudah mencari alasan atas ketidakpuasan yang dialami dan melimpahkannya pada pihak lain untuk kemudian mengabaikan pasangannya. Kadang-kadang, diskusi atau pembicaraan antara pasangan tidak terjadi dengan lembut atau tidak dimulai sama sekali.

Kalau sudah demikian, penting untuk berkonsultasi dengan para profesional kesehatan. Kebanyakan isu seksual antarpasangan dapat diatasi jika penyebabnya bisa diidentifikasikan. Proses mulai dari mengidentifikasikan dan pemahaman penyebab bisa menjadi suatu proses yang lama dan rumit sehingga kesabaran menjadi kuncinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.