Alternatif Bekal Ke Sekolah

Kompas.com - 13/02/2009, 10:06 WIB
Editor

Menyiapkan bekal untuk anak ke sekolah memang menjadi salah satu problem bagi wanita bekerja saat ini. Jika meminta pembantu rumah tangga menyiapkan bekal, Anda khawatir Si Mbak hanya akan menyediakan makanan yang dituntut oleh anak. Mie instan dan snack yang penuh MSG, karena dua jenis makanan tersebut sama sekali tidak memuat kandungan gizi. Beberapa sekolah bahkan sudah melarang orangtua murid untuk memberikan mie instan sebagai bekal makanan.

Mau tak mau Anda memang harus turun tangan menyiapkan menunya. Anda bisa menyusun menu setiap awal minggu supaya tidak perlu repot saat anak hendak berangkat ke sekolah. Utamakan menu yang disukai anak, karena jika tidak ia tak akan mau memakan bekalnya. Anda juga bisa melibatkan anak dalam menyusun menu. Diskusikan pada malam sebelumnya, makanan apa yang ingin dibawa esoknya.

Menu makan anak sebaiknya mengandung protein, vitamin, dan serat. Usahakan variasi penyajian makanan. Misalnya, bagaimana agar mie tidak hanya digoreng (ingat, jangan menggunakan mie instan), tetapi juga dibuat pizza. Tempel daftar menu berikut resepnya di dapur, untuk menjadi pegangan bagi Si Mbak.

1. Untuk bekal makan siang, bawakan nasi dengan sayur dan lauk. Sayur yang ditumis ditambah bakso atau sosis, sup jagung, juga gorengan seperti perkedel atau nugget (Anda bisa membuat sendiri nugget ayam).

2. Nasi goreng dengan sosis atau telur ceplok; lain waktu buatlah nasi goreng omelet, yaitu nasi goreng yang dipakai sebagai isi telur dadar.

3. Mie atau bihun goreng dengan sosis, telur, dan sayuran. Mie juga bisa menjadi isi telur dadar untuk membuatnya seperti pizza. Tambahkan keju dan sosis sebagai topping-nya.

4. Untuk bekal tengah hari Anda bisa membawakan biskuit, cookies, roti isi selai atau daging dan keju, juga kue-kue seperti bolu kukus atau brownies. Hindari kue yang digoreng seperti lumpia atau martabak.

5. Anda bisa menyiapkan jenis pasta, seperti maccaroni & cheese, makaroni skotel, atau pastel tutup (pie dengan bahan kentang) dalam cup.

6. Kentang goreng boleh dibawakan sesekali, jangan terlalu sering karena mengandung penyedap makanan. Bagaimana jika Anda mengolah kentang seperti baked potatoes yang ada di outlet makanan? Ganti brokolinya dengan kacang merah.

7. Potongan buah, atau salad buah yang diberi mayones.

8. Jangan lupa minuman seperti susu, jus buah, atau yogurt.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.