Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Bekal Ke Sekolah

Kompas.com - 13/02/2009, 10:06 WIB

Menyiapkan bekal untuk anak ke sekolah memang menjadi salah satu problem bagi wanita bekerja saat ini. Jika meminta pembantu rumah tangga menyiapkan bekal, Anda khawatir Si Mbak hanya akan menyediakan makanan yang dituntut oleh anak. Mie instan dan snack yang penuh MSG, karena dua jenis makanan tersebut sama sekali tidak memuat kandungan gizi. Beberapa sekolah bahkan sudah melarang orangtua murid untuk memberikan mie instan sebagai bekal makanan.

Mau tak mau Anda memang harus turun tangan menyiapkan menunya. Anda bisa menyusun menu setiap awal minggu supaya tidak perlu repot saat anak hendak berangkat ke sekolah. Utamakan menu yang disukai anak, karena jika tidak ia tak akan mau memakan bekalnya. Anda juga bisa melibatkan anak dalam menyusun menu. Diskusikan pada malam sebelumnya, makanan apa yang ingin dibawa esoknya.

Menu makan anak sebaiknya mengandung protein, vitamin, dan serat. Usahakan variasi penyajian makanan. Misalnya, bagaimana agar mie tidak hanya digoreng (ingat, jangan menggunakan mie instan), tetapi juga dibuat pizza. Tempel daftar menu berikut resepnya di dapur, untuk menjadi pegangan bagi Si Mbak.

1. Untuk bekal makan siang, bawakan nasi dengan sayur dan lauk. Sayur yang ditumis ditambah bakso atau sosis, sup jagung, juga gorengan seperti perkedel atau nugget (Anda bisa membuat sendiri nugget ayam).

2. Nasi goreng dengan sosis atau telur ceplok; lain waktu buatlah nasi goreng omelet, yaitu nasi goreng yang dipakai sebagai isi telur dadar.

3. Mie atau bihun goreng dengan sosis, telur, dan sayuran. Mie juga bisa menjadi isi telur dadar untuk membuatnya seperti pizza. Tambahkan keju dan sosis sebagai topping-nya.

4. Untuk bekal tengah hari Anda bisa membawakan biskuit, cookies, roti isi selai atau daging dan keju, juga kue-kue seperti bolu kukus atau brownies. Hindari kue yang digoreng seperti lumpia atau martabak.

5. Anda bisa menyiapkan jenis pasta, seperti maccaroni & cheese, makaroni skotel, atau pastel tutup (pie dengan bahan kentang) dalam cup.

6. Kentang goreng boleh dibawakan sesekali, jangan terlalu sering karena mengandung penyedap makanan. Bagaimana jika Anda mengolah kentang seperti baked potatoes yang ada di outlet makanan? Ganti brokolinya dengan kacang merah.

7. Potongan buah, atau salad buah yang diberi mayones.

8. Jangan lupa minuman seperti susu, jus buah, atau yogurt.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com