Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Noda di Baju Anak

Kompas.com - 17/03/2009, 11:35 WIB
Editor

KOMPAS.com — Senangnya jika si kecil ceria dan bermain bersama teman-temannya. Aktif bermain di luar ruangan dan di meja belajarnya. Noda yang memeriahkan permainannya bukan lagi musuh untuk Anda jika tahu bagaimana mengatasinya. Ini caranya untuk menghilangkan noda-noda di baju katun anak.

Menghilangkan noda krayon
Balik baju yang terkena noda krayon, pastikan untuk memberi alas di bagian yang terkena noda dengan lap atau tisu supaya tidak menempel di bagian baju lainnya. Semprotkan cairan WD-40 di bagian dalam baju tepat di belakang bagian yang terkena noda. Diamkan 5 menit. Balik baju dan semprotkan lagi. Cuci bersih. Oleskan dengan sabun cair di bagian yang terkena noda, kucek, bilas.

Menghilangkan bekas lem, permen karet, dan stiker
Angkat sisa-sisa lem, permen karet, atau stiker dari kain sebanyak-banyaknya menggunakan pisau atau sendok. Untuk memudahkan mengangkat sisa permen karet, tempelkan batu es untuk membuat permen karetnya mengeras dan memudahkan untuk diangkat. Aplikasikan lubrikan, seperti gliserin untuk memudahkan mengangkat sisa-sisa yang menempel. Oleskan sabun cair atau sabun colek untuk membersihkan.

Menghilangkan bekas tanah liat
Sebisa mungkin angkat residu tanah liat menggunakan pisau tumpul atau sendok. Oleskan sabun cair untuk cuci piring, diamkan semalaman. Lalu cuci seperti biasa. Jika masih menempel, gunakan pemutih yang aman untuk warna langsung ke bagian yang terdapat noda atau gosok menggunakan alkohol, lalu cuci lagi.

Menghilangkan noda lumpur
Biarkan mengering, lalu sikat sisa yang sudah mengeras sebisanya. Oleskan deterjen lembut, sedikit air, lalu sikat. Untuk noda yang membandel dan masih tersisa, berikan campuran cuka dan air, kucek. Lalu cuci seperti biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.