Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Noda di Baju Anak

Kompas.com - 17/03/2009, 11:35 WIB

KOMPAS.com — Senangnya jika si kecil ceria dan bermain bersama teman-temannya. Aktif bermain di luar ruangan dan di meja belajarnya. Noda yang memeriahkan permainannya bukan lagi musuh untuk Anda jika tahu bagaimana mengatasinya. Ini caranya untuk menghilangkan noda-noda di baju katun anak.

Menghilangkan noda krayon
Balik baju yang terkena noda krayon, pastikan untuk memberi alas di bagian yang terkena noda dengan lap atau tisu supaya tidak menempel di bagian baju lainnya. Semprotkan cairan WD-40 di bagian dalam baju tepat di belakang bagian yang terkena noda. Diamkan 5 menit. Balik baju dan semprotkan lagi. Cuci bersih. Oleskan dengan sabun cair di bagian yang terkena noda, kucek, bilas.

Menghilangkan bekas lem, permen karet, dan stiker
Angkat sisa-sisa lem, permen karet, atau stiker dari kain sebanyak-banyaknya menggunakan pisau atau sendok. Untuk memudahkan mengangkat sisa permen karet, tempelkan batu es untuk membuat permen karetnya mengeras dan memudahkan untuk diangkat. Aplikasikan lubrikan, seperti gliserin untuk memudahkan mengangkat sisa-sisa yang menempel. Oleskan sabun cair atau sabun colek untuk membersihkan.

Menghilangkan bekas tanah liat
Sebisa mungkin angkat residu tanah liat menggunakan pisau tumpul atau sendok. Oleskan sabun cair untuk cuci piring, diamkan semalaman. Lalu cuci seperti biasa. Jika masih menempel, gunakan pemutih yang aman untuk warna langsung ke bagian yang terdapat noda atau gosok menggunakan alkohol, lalu cuci lagi.

Menghilangkan noda lumpur
Biarkan mengering, lalu sikat sisa yang sudah mengeras sebisanya. Oleskan deterjen lembut, sedikit air, lalu sikat. Untuk noda yang membandel dan masih tersisa, berikan campuran cuka dan air, kucek. Lalu cuci seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com