Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Workout dengan Tarian India

Kompas.com - 22/03/2009, 10:24 WIB

Bosan dengan aerobik, jogging, atau fitnes? Ayo, jangan siksa diri Anda dengan latihan yang itu-itu saja. Bagaimana bila Anda mencoba gerakan dalam tarian India? Tarian ala film Bollywood ini memiliki gerakan-gerakan khas, yang ternyata juga mampu melatih otot tubuh Anda. Tiru gerakan dari Sarina Jain, pencipta latihan Masala Bhangra ini, untuk mempersiapkan tubuh yang lebih langsing, kencang, dan bugar, menjelang hari pernikahan Anda.

1. Hareepa
Berdiri dengan kaki rapat saling menekan, lengan di atas kepala. Goyangkan pinggul ke kiri, lalu ke kanan, sambil meloncat ke kanan pada saat yang sama. Goyangkan pinggul ke kiri lagi, kemudian ke kanan lagi sambil melompat ke kanan. Saat pinggul bergerak dari kiri ke kanan, ayunkan lengan dari kiri ke kanan melewati tubuh Anda. Lakukan gerakan ini hingga 4 kali, lalu lompat 4 kali. Goyangkan pinggul dan lengan dari kanan ke kiri. Ulangi 4 kali, sampai total Anda melakukan 16 kali lompatan ke setiap sisi.

2. Angkat Bahu
Angkat lengan Anda ke atas dengan siku dibengkokkan, lalu tahan hingga membentuk huruf W. Gerakkan pundak ke atas dan ke bawah seperti saat Anda ingin mengatakan, "Nggak tahu, ya?". Ulangi 16 kali.

Tip: "Jika Anda sedang menghadiri pesta perkawinan India dan tidak bisa mengikuti tariannya, berdirilah di tengah kerumunan, dan lakukan gerakan angkat bahu ini," ujar Sarina Jain. "Secara otomatis kaki Anda akan segera mengikuti."

3. Dhol beat (gebuk drum)
Miringkan tubuh 45 derajat ke arah kanan, lalu condongkan badan ke depan. Angkat kaki kanan dan lengan kanan, lalu rendahkan kaki kanan Anda ke lantai, rendahkan lengan kanan, dan angkat lengan kiri secara simultan, seolah Anda sedang menggebuk drum (atau dhol). Lakukan 4 kali dengan kaki kanan, lalu ulangi dengan kaki kiri. Ulangi rangkaian ini 4 kali, sehingga Anda mengangkat lengan dan kaki 16 kali untuk tiap sisi.

4. Tiga langkah
Berdiri dengan merenggangkan kedua kaki lebih lebar daripada pundak. Letakkan lengan kiri melintang ke depan dada, dan luruskan lengan kanan ke arah kanan seperti gerakan lencang kanan saat berbaris. Lompat dengan kedua kaki ke kiri 3 kali, sambil membawa lengan Anda melintasi dada ke arah kiri, sehingga lengan kanan Anda kini melintang di depan dada dan lengan kiri menjulur ke kiri seperti lencang kiri. Berbaliklah, lalu lompat ke kanan. Ulangi 8 kali.

5. Langkah bhangra
Angkat kedua lengan ke samping membentuk huruf W, dan gerakkan kedua pundak ke atas dan bawah. Pura-puralah sedang memegang bola lampu di kedua tangan, lalu putar pergelangan tangan ke dalam dan ke luar, seolah sedang memasang bola lampu. Langkahkan tumit kaki kanan ke arah kiri badan, lalu tumit kiri ke arah kanan. Lakukan 16 kali.

Tip: Agar terlihat lebih otentik saat melakukan langkah bhangra dasar ini, gerakkan kepala Anda ke arah kanan dan kiri sesuai beat-nya. Anda akan terlihat seperti dewi India.

6. Jongkok bhangra
Berdirilah dengan kedua kaki menekuk, lebih lebar dari pundak. Angkat kedua lengan ke samping membentuk huruf W. Berjongkoklah dengan kedua kaki tetap lebar ke samping, serendah yang Anda mampu. Lalu lenturkan kaki kembali ke atas ke posisi berdiri. Ulangi 16 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com