Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Penderita HIV dan TB Meningkat

Kompas.com - 26/03/2009, 21:46 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Beberapa pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah orang yang terinfeksi tuberculosis (TB) dan HIV telah berlipat kebanyakan akibat "laporan dan pemeriksaan yang lebih luas".
    
Terdapat 1,37 juta kasus orang yang tertular TB dan HIV pada 2007, tahun paling akhir tersedianya data statistik. Sebanyak 700.000 orang terinfeksi kedua penyakit tersebut pada 2006, demikian laporan tahunan Organisasi Kesehatan Dunia mengenai TB tahun lalu, yang diajukan di Rio de Janeiro,Brazil.

Menurut para peneliti, "keterangan langsung mengenai status HIV di kalangan pasien TB sekarang tersedia dari 64 negara, naik dari hanya 13 negara dalam beberapa tahun belakangan. Laporan lebih lanjut juga datang dari Afrika, tempat dilaporkannya 79 persen kasus infeksi kedua penyakit itu".

Pada 2007,terdapat  1,3 juta orang meninggal akibat TB, sementara sebanyak 465.000 orang lagi meninggal akibat kedua penyakit tersebut. Menurut laporan WHO tahun lalu, sebanyak 1,5 juta orang meninggal pada 2006 akibat TB. Tidak jelas berapa orang dari mereka yang meninggal juga terinfeksi HIV.

Para peneliti WHO mengatakan data baru itu berarti orang yang positif HIV menghadapi kemungkinan 20 kali lebih besar daripada orang yang negatif HIV untuk terinfeksi TB di negara tempat HIV mencapai tingkat wabah, dan antara 26 dan 37 kali lebih mungkin untuk terserang TB, di negara tempat prevalensi HIV lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com