Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Attoumaimi Hilangkan Pusing Ahli Matematika

Kompas.com - 30/05/2009, 20:10 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Seorang pendatang Irak yang berusia 16 tahun dan menetap di Swedia telah memecahkan teka-taki matematika. Padahal para ahli telah dibuat pusing selama 300 tahun, demikian laporan media Swedia, Kamis (28/5).
   
Hanya dalam waktu empat bulan, Mohamed Attoumaimi telah menemukan satu rumus yang menjelaskan dan menyederhanakan apa yang disebut kumpulan nomor Bernoulli, rangkaian hitungan yang diberi nama ahli matematika Swiss Abad XVII, Jacob Bernoulli, demikian laporan surat kabar Dagens Nyheter.
   
Mohamed, yang datang ke Swedia enam tahun lalu, mengatakan pada guru di sekolah menengah di Falun, Swedia tengah, mulanya tidak yakin dengan pekerjaannya. "Ketika pertama kali saya memperlihatkan itu kepada semua guru saya, tak seorang pun berpendapat rumus yang telah saya tulis benar-benar berhasil," kata Mohamed kepada harian Falu Kuriren.
   
Ia kemudian menghubungi para profesor di Uppsala University, salah satu lembaga pendidikan kenamaan di Swedia, untuk meminta mereka memeriksa hasil pekerjaannya.
   
Setelah mengubrak-abrik buku catatannya, para profesor tersebut mendapati pekerjaan Mohamed terbukti benar dan menawarkan dia tempat di Uppsala.
   
Tetapi untuk sekarang, Mohamed memusatkan perhatian pada pelajaran sekolahnya dan berencana mengikuti pelajaran musim panas dalam bidang fisika dan matematik tingkat tinggi tahun ini. "Saya ingin menjadi peneliti dalam bidang fisika atau matematik; saya benar-benar menyukai kedua bidang itu. Tetapi saya harus meningkatkan kemampuan di bidang Bahasa Inggris dan ilmu sosial," katanya kepada Falu Kuriren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com