Cegah Flu dengan Pikiran Positif

Kompas.com - 01/06/2009, 17:08 WIB
Editor

KOMPAS.com — Demikian anjuran dari dr Janice Kiecolt-Glaser, profesor bidang Ilmu Kejiwaan di Ohio State University College of Medicine. Menurut Janice, sistem kekebalan tubuh dan kondisi emosi seseorang memiliki hubungan yang erat.

Kalau kita berpikir positif, maka sel-sel dan cairan kekebalan tubuh ikut meningkat. Hasilnya, tubuh kita jadi lebih kebal terhadap virus flu dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu.

Supaya manfaat pikiran positif lebih maksimal, imbangi dengan menjaga pola hidup sehat lainnya. Misalnya, cukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C, cuci tangan seusai melakukan aktivitas apa pun, serta hindari memegang wajah terlalu sering. Sebab, virus flu dapat masuk melalui mata, hidung, dan mulut. Kalau daya tahan tubuh meningkat, kita juga akan terlihat 6 tahun lebih muda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X