Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Suwe Ora Jamu" Tarik Perhatian Masyarakat Ceko

Kompas.com - 16/06/2009, 13:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com--Lagu Suwe Ora Jamu, yang dibawakan Gamelan KBRI Praha dan tarian tradisional Indonesia, Tari Bajidor Kahot dan Merak yang dipentaskan di Festival Folklore menarik perhatian masyarakat Kota Kyjov, bagian Tenggara Ceko.

Festival Folklore bertema "Dance and Movement Theater"  mementaskan beragam kesenian seperti pementasan tari kontemporer, pantomim, teater anak-anak, pembacaan puisi dan  pameran lukisan.

Sekretaris Satu Pensosbud KBRI Praha, Azis Nurwahyudi kepada koresponden ANTARA London, Selasa, mengatakan, Indonesia diundang secara khusus oleh panitia untuk mementaskan tari dan musik tradisional.

Menurut Azis Nurwahyudi, Indonesia menjadi bintang tamu pada peringatan sepuluh tahun kegiatan folklore di kota yang berada sekitar 250 km dari Praha.

Penampilan kesenian Indonesia dalam festival folklore itu diawali dengan pelatihan tari Bali yang diikuti 25 peserta, dibawah bimbingan Jana Vozabova, mantan penerima Beasiswa Darmasiswa.

Sementara Tari Bajidor Kahot dan Merak dibawakan Krystinka Arifinova dari Yayasan Kintari, yang aktif mempromosikan Indonesia di Ceko menjadi tontonan yang menarik, karena dibawakan gadis Ceko.

Selama pertunjukan Gamelan yang dimainkan remaja Ceko menjadi tontonan yang menarik dengan menampilkan lagu tradisional dari Jawa seperti Suwe Ora jamu, Singo Nebah, Baitha Kandang dan Manyar Sewu yang digelar di taman kota.

Usai penampilan gamelan, masyarakat mendapat penjelasan tentang nama alat musik yang dimainkan dan penonton diajak menjajal berbagai instrument alat musik gamelan.

Penonton terlihat antusias untuk mengenal Gamelan, tidak saja anak-anak tetapi juga remaja dan bahkan orang tua yang dengan sabar  menunggu giliran untuk mencoba memainkan alat musik gamelan, kata Azis Nurwahyudi mengungkapkan.

Selama musim panas KBRI Praha mendapat undangan dari beberapa  penyelenggara festival folklore di berbagai kota di Ceko.

Pada Juli mendatang, KBRI Praha menampilkan Paduan Suara ITB di University of West Bohemia Plzen, serta Kelompok Musik Kua Etnika yang ikut fertival folklore di Klatovy serta melakukan pementasan di Praha, demikian Azis Nurwahyudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com