Sofa Menarik dari Bahan Unik

Kompas.com - 24/06/2009, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sofa bukan sekadar untuk tempat duduk. Perabot ini juga dapat mempercantik dan menjadi focal point ruangan, dan fungsi ini akan terwujud apabila si empunya mampu memilih sofa dengan bahan berkualitas serta memiliki ukuran dan model yang menarik, sesuai dengan tema besar ruangan.

Untuk itu, mencermati bahan yang digunakan menjadi hal yang patut diperhatikan. Umumnya, kulit sintetis dan kain adalah bahan yang digunakan. Agar tampilan sofa lebih menarik dan menghemat biaya,"menyulap" sofa lama dengan bahan-bahan murah menjadi hal yang dapat dilakukan. 

Carilah koleksi taplak lama dari lemari Anda. Pilihlah yang bermotif unik dan lawas, dan pastikan taplak tidak bernoda. Jika ukuran satu taplak tidak memadai, Anda bisa mengombinasikan dengan bahan taplak lain dengan motif atau warna senada.

Alternatif bahan murah lainnya ialah kain kanvas yang biasanya digunakan untuk melukis. Bahan yang berwarna dasar putih atau krem dapat dipilih yang masih dalam bentuk rol. Sentuhan seni dapat diberikan pada bahan kain ini, Anda sendiri atau bersama si kecil dapat melukis di kanvas, setelah lukisan jadi dan kering, dapat dijahit ke sofa.

Pilihan bahan unik lainnya ialah kain tirai atau gorden. Kain tirai ini bisa didapat dari koleksi gorden yang sudah tidak terpakai dan masih bagus kualitas kainnya. Cucilah terlebih dahulu, dan tirai siap "disulap" menjadi bahan sofa. Kain gorden bisa menambah citra unik sekaligus elegan dari sofa Anda.

Untuk pemilihan bahan sofa di ruang yang bertema kasual dan santai, Anda dapat menggunakan permainan cover dengan bahan selimut yang sudah tidak dipakai. Kain selimut berbahan wol atau katun, dapat dipakai di
ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak. Selain selimut, bahan seprai pun dapat dipakai sebagai cover atau bantal sofa. 

Untuk kedua bahan ini, pastikan tenunannya masih bagus, dan layak untuk dijadikan bahan sofa. Tidak hanya bermain dengan bahan kain, tapi kulit sintetis pun dapat jadi pilihan. Untuk memberikan sentuhan maskulin pada sofa, Anda dapat menambahkan bantal dengan sarung kulit. Bahannya bisa didapat dari koleksi mantel kulit Anda yang sudah tidak dipakai lagi.

Agar sofa tampil menarik, tidak perlu dengan bahan yang mahal, cukup dengan berani berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di rumah Anda. Dengan bahan unik, sofa pun menjadi tampil menarik. Selamat berkreasi! (AJG)


Editor

Close Ads X