Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Matematika Bisa Atasi Kemacetan Lalu Lintas!

Kompas.com - 25/06/2009, 15:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan rumus Matematika, Wisnu Jatmiko, peneliti UI, menemukan cara mengoptimalkan pengaturan lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan akibat masih ada kerja lampu lalu lintas yang belum optimal.

'Kuramoto Model', nama temuan Wisnu tersebut, merupakan sistem Matematika alogaritma. Dipamerkan di JJC sejak hari ini, Kamis (25/6), temuan Wisnu itu merupakan satu dari delapan hasil penelitian dari para peneliti UI lainnya yang dipamerkan.

"Ini merupakan sistem Matematika berbasiskan teknologi komputer yang kita harapkan bisa mengoptimalkan kerja lampu lalu lintas karena metodanya yang mampu mengkordinasikan pengaturan nyala lampu," ujar Wisnu, yang juga Manajer Riset di Fakultas Ilmu Komputer UI ini, di Jakarta, Kamis, (25/6).

Memakai metode ini, Wisnu bisa menganalisa, bahwa lampu lalu lintas dapat terkordinasi tidak hanya pada satu terminal lampu dan arah saja, melainkan juga empat sekaligus. Untuk itulah, bekerjasama dengan pihak kepolisian lalu lintas Polda Metro Jaya, Wisnu berharap, metode ini bisa mengurangi keruwetan macet Jakarta yang kadang bisa ditimbulkan oleh kerja lampu merah yang seringkali tidak optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com