Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capres Tak Konkret Paparkan Program Kesra

Kompas.com - 26/06/2009, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Paparan tiga calon presiden terkait pengentasan kemiskinan dan pengangguran pada Debat Capres malam tadi dinilai belum menguak target yang ingin dicapai dan bagaimana cara yang akan ditempuh.

Penilaian itu disampaikan anggota DPD, Kasmir Tri Putra, pada diskusi "Bisakah Para Capres Atasi Kemiskinan dan Pengangguran?" di Gedung DPD, Jakarta, Jumat (26/6).

Mega, menurutnya, baru masuk dari sisi tataran filosofis. "Ibu Mega banyak mengungkap soal kegotongroyongan dan kemandirian tapi belum tereksplor target yang ingin dicapai dan cara-cara mencapai capaian itu," kata Kasmir.

Mengenai materi debat, diakuinya, ketiga capres cukup menguasai. Dua calon incumbent , SBY dan JK, dinilai yang cukup matang. SBY mampu memaparkan secara komprehensif dan sistematis. "Tapi agak teoritis dan ketika di tataran teknis agak keteteran. Seperti misalnya soal mi instant, Pak SBY menangkisnya tidak tepat. Semua orang tahu, mi instant dibuat dari gandum," kata dia.

Sementara itu, JK juga dinilai sudah menyampaikan secara komprehensif dan sistematis. Capres yang masih menjabat wapres itu dianggap mampu menelurkan terobosan-terobosan baru dalam menyampaikan cara pencapaian tergetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com