Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Struktur Petirtaan Abad VIII

Kompas.com - 30/06/2009, 16:56 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Struktur berupa tumpukan batu yang diduga petirtaan atau pemandian dari abad VIII ditemukan di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah pekan ini berencana meneliti struktur yang sebagian besar masih tertimbun tanah sekitar 1 meter itu.

Struktur tersebut persis berada di tepi sungai yang juga terdapat permandian air panas. Tumpukan batu itu berada sekitar 200 meter dari sisi utara kompleks Candi Ngempon yang merupakan candi Hindu dari Wangsa Sanjaya, sekitar abad ke-8. Candi Ngempon dan struktur itu hanya dipisahkan sebuah sungai.

"Saya langsung memberi tahu petugas yang sedang memugar Candi Ngempon. Dia juga meminta penggalian dihentikan sampai ada petugas dari Balai Purbakala," tutur Nurcholis (58), pemilik pemandian air panas Banjaran, Selasa (30/6).

Petugas Subkelompok Registrasi BP3 Jateng Wahyu yang memeriksa lokasi saat dikonfirmasi mengatakan, struktur itu diduga merupakan petirtaan atau pemandian yang diperkirakan seusia dengan Candi Ngempon. Direncanakan pekan ini petugas BP3 Jateng sudah akan mulai membongkar struktur itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com