Anggur, Buah Si Penurun Tensi

Kompas.com - 01/07/2009, 16:33 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah anggur yang sudah populer di masyarakat Indonesia memberi manfaat bagi para penderita hipertensi. Karena di dalam buah anggur terdapat kalium yang dapat menekan natrium (garam) berlebih.

"Karena itu penderita hipertensi harus banyak mengkonsumsi kalium," kata Ahli Kesehatan Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7).

Lebih lanjut Ali mengatakan bahwa kalium berfungsi untuk membuang kalium yang berlebih dalam tubuh. "Hipertensi itu kebanyakan natrium. Saat kita kencing terjadi pembuangan natrium. Natrium berlebih menyebabkan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan natrium sehingga mengganggu aliran darah dan berujung pada hipertensi," papar Ali.

Namun, tambah Ali, hipertensi tidak hanya terjadi karena kebanyakan natrium, juga karena kerusakan ginjal dan kegemukan. "Maka pengobatannya harus menyeluruh, tidak hanya diet garam tetapi juga periksa dan sembuhkan ginjal serta atasi kegemukannya," tuturnya.

Selain terdapat dalam anggur, kalium juga banyak terdapat pada semangka, pisang dan mentimun. Berapa banyak mengkonsumsi anggur? "Intinya, tiap hari kita mesti makan buah 2 porsi dan bervariasi tiap hari. Untuk anggur, 1 porsi setara dengan 6-8 buah anggur. Tidak perlu tiap hari. Tiap hari makan tidak dilarang, tapi anggur mahal kan?" paparnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X