Wanita Matang Mudah Terkena Memar

Kompas.com - 02/07/2009, 14:02 WIB
Editor

KOMPAS.com — Setiap kali kaki kita terantuk cukup keras, memar pasti datang menghampiri. Apalagi, bila Anda termasuk perempuan yang sudah memasuki usia matang. Memar akan lebih sering Anda alami karena kolagen pada kulit semakin menipis.

Wilman Bergfeldm MD, Kepala Penelitian di Departemen of Dermatology Cleveland Clinic Foundation, menjelaskan bahwa kolagen berfungsi sebagai bantalan pada jaringan kulit. Karena bantalannya menipis, alhasil pembuluh darah yang melintang di bawah kulit semakin rapuh setiap kali kena benturan, terutama pada perempuan yang mengonsumsi obat-obatan, seperti aspirin yang membuat pembuluh darah semakin tipis.

Namun, apakah memar dapat dicegah? Bergfeldm mengatakan, sulit untuk memprediksi kapan memar akan terjadi. Kuncinya hanya menjaga agar tidak berjalan atau bergerak terlalu cepat, terlebih ketika kita sedang membawa barang yang berat. Untuk melancarkan sirkulasi darah, kunyahlah blueberry. Buah kecil ini membantu proses pembentukan kolagen dan menjaga kapiler pembuluh darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.