Ekskavasi Temuan Petirtaan Abad Ke-VIII Dimulai

Kompas.com - 03/07/2009, 14:47 WIB
Editor

SEMARANG, KOMPAS.com — Proses ekskavasi temuan struktur petirtaan atau pemandian yang diduga berasal dari abad ke-8 di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, mulai dilaksanakan, Jumat (3/6).

Sehari sebelumnya, warga setempat juga berhasil menemukan saluran pembuangan air kuno yang menuju sungai, sekitar 15 meter dari titik penemuan pertama. Ekskavasi dilaksanakan enam petugas dengan menggali tanah hingga kedalaman 1 meter.

Penggalian sempat tersendat karena petugas harus membongkar fondasi lahan parkir pemandian air panas yang berada di atas temuan struktur petirtaan. Petugas berupaya mencari sudut-sudut struktur itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 25 Juni, warga menemukan struktur petirtaan saat akan membuat jalan menurun menuju pemandian air panas. Lokasinya berada di tepi sungai, berjarak sekitar 200 meter dari Candi Ngempon atau Candi Muncul yang diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8, pada masa Wangsa Sanjaya.

"Baru satu sudutnya yang ditemukan, tetapi kami mencoba menggali sisi selatan sungai karena di sisi barat ada warung sehingga belum bisa dibongkar," kata Petugas Penggambaran, Subkelompok Pemugaran Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Andriyanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X