Kaisar Jepang Disambut Histeris di Hawaii

Kompas.com - 15/07/2009, 10:50 WIB
Editor

HONOLULU, KOMPAS.com — Kaisar Jepang dan permaisurinya disambut histeris sekitar 1.000 pengagumnya dalam kunjungan ke taman Oahu, Selasa (14/7), hari pertama dari tiga hari kunjungannya ke Hawaii.

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melambaikan tangan kepada kerumunan massa yang melambai-lambaikan bendera nasional Jepang. Massa pun menjawab dengan teriakan histeris.

Tomiko Fukuji asal Waikiki rela menunggu berjam-jam di Kapiolani Park di Waikiki untuk melihat pasangan itu. "Saya meneteskan air mata. Saya ingin mengatakan, 'Terima kasih atas kedatangannya di Hawaii. Saya senang menyaksikan Anda sehat'."

Akihito (75) dan Michiko (74) berada di Hawaii untuk menandai ulang tahun sebuah lembaga beasiswa yang didirikan untuk memperingati ultah pernikahan pasangan itu pada 1959. Lembaga itu telah mengirimkan lebih dari 130 orang sejak 1970-an untuk belajar di Jepang. Mereka kebanyakan adalah alumni Universitas Hawaii (UH). Lembaga itu juga mendatangkan mahasiswa Jepang untuk belajar di UH.

Kunjungan terakhir pasangan itu ke Hawaii pada 1994, lima tahun setelah Akihito naik tahta.
       



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X