Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan India Tewaskan Delapan Gerilyawan Kashmir

Kompas.com - 06/08/2009, 01:05 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Pasukan India membunuh delapan gerilyawan Muslim dalam baku tembak di sepanjang perbatasan defakto yang memisahkan Kashmir India dengan Kashmir Pakistan, kata militer, Rabu (5/8).
    
"Dengan membunuh para gerilyawan itu kami telah menggagalkan usaha mereka untuk memasuki Kashmir India," kata juru bicara militer  J.S Brar kepada AFP.
    
Ia mengatakan tujuh gerilyawan bersenjata berat tewas dalam tiga pertempuran terpisah di distrik Kupwara, Kashmir selatan ketika mereka berusaha  melintasi Garis Kontrol antara dua negara itu.
   
Aksi kekerasan separatis meningkat di wilayah Himalaya itu sejak Sabtu ketika para gerilyawan membunuh dua polisi di Srinagar.
    
Pada Minggu, empat gerilyawan dan seorang tentara tewas  dalam baku tembak yang sama.
    
Polisi menyebut peningkatan aksi gerilyawan itu terjadi menjelang hari libur nasional 15 Agustus  yang menandakan kemerdekaan India dari kekuasaan Inggris.
    
Lebih dari 20 tahun aksi perlawanan di Kashmir menewaskan lebih dari 47.000 orang, menurut data resmi.
    
India menuduh Pakistan melatih, mempersenjatai dan mendanai para gerilyawan yang menentang kekuasaan New Delhi di Kashmir India, satu tuduhan yang dibantah Islamabad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com