Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Empat Karya Terbaik Jurnalis Jakarta 2009

Kompas.com - 06/08/2009, 17:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) telah memilih empat karya terbaik jurnalis Jakarta tahun ini, di Gedung Perfilman Usmar Ismail, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Kamis (6/8). Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan ulang tahun AJI ke-15 yang jatuh pada 7 Agustus 2009.

Penghargaan ini dibagi dalam empat kategori, yakni ketegori media televisi, media radio, media foto jurnalistik, dan media cetak.

Untuk kategori televisi, pada tahun ini diraih oleh Levianer Silalahi (reporter RCTI) dengan news feature berjudul "Bali, Surganya Bule Pedofil". Untuk kategori radio, pemenangnya ialah Irvan Imamsyah dari Kantor Berita Radio 68H dengan karyanya "Privatisasi Air Sukabumi". Dari kategori foto diraih oleh Boy T Harjanto (fotografer Indopos) dengan foto berjudul "Kebakaran Pertamina Plumpang". Terakhir, kategori media cetak, pemenangnya adalah Bagja Hidayat dengan karyanya "Lambang Dalam Pusaran Mafia Purbakala".

Para pemenang tersebut berhasil menyisihkan belasan karya jurnalistik yang tersaring masuk ke meja panitia. Dari kategori televisi sebanyak 21 karya, radio sebanyak 12 karya, sementara untuk foto 16 karya, dan media cetak sebanyak 28 karya.

Pemenang dari tiap-tiap kategori berhak atas sebuah laptop dan piagam penghargaan dari AJI Jakarta. "Kami berharap, pemilihan ini dapat memicu para jurnalis untuk menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu," ungkap Umar Idris, Sekretaris AJI Jakarta.

Dewan juri penghargaan ini adalah Rosianna Silalahi (SCTV), Agus Sopian (harian Jurnal Nasional), Eddy Hasbi (harian Kompas), dan FX Rudi Gunawan (VHRmedia.com). Menurut Umar, dewan juri memilih pemenang pada setiap kategori secara efektif tanpa mengetahui identitas jurnalis dan medianya.

"Dari sisi visual, karya foto sudah bagus. Sayangnya, jurnalis foto tidak memberi nilai lebih dengan memerhatikan akurasi informasi," demikian catatan Eddy Hasbi, juri pada kategori foto. Sementara itu, FX Rudi Gunawan menilai, karya yang masuk memiliki banyak ide dan gagasan yang menarik. "Sayangnya, peserta jurnalis radio tidak banyak yang mengikuti lomba ini," kata Rudi.

Penghargaan ini akan diberikan oleh AJI kepada para pemenang dalam resepsi ulang tahun AJI pada Jumat (7/8) malam besok. Lomba ini rutin diadakan AJI dalam setiap peringatan ulang tahun AJI setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com