Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Kompas.com - 01/09/2009, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengeluh pusing setelah kembali dari acara makan-makan, entah setelah menikmati sate kambing, atau barbekyu? Mendadak kepala senut-senut, padahal udara tak begitu panas, atau tidur Anda cukup? Betulkah makanan yang menjadi penyebabnya? Sebab Anda merasa tak terlalu sering menikmati makanan berdaging seperti ini; pada hari-hari biasa Anda cenderung makan lebih sehat. 

Para ahli berpendapat, kemungkinan orang mengalami sakit kepala akibat beberapa makanan tertentu. Buah sitrus bisa saja memicu sakit kepala, karena orang yang mengonsumsinya mungkin kekurangan enzim. Enzim ini diperlukan untuk menetralisasi amina di dalam makanan. Bila makanan yang dinikmati memiliki kadar amina yang tinggi namun tanpa enzim, saat itulah sakit kepala mulai terjadi.

Ada pula teori baru yang menunjukkan bahwa ketika kita ngidam makanan tertentu (tentu bukan saat sedang hamil), saat itu tubuh sedang memberikan sinyal akan datangnya migrain. Migrain jenis ini sebenarnya dapat diprediksi sebelumnya, karena mengonsumsi makanan tersebut mungkin tidak memicu rasa sakit setiap waktu. Makanan tersebut juga dapat bekerja sama dengan pemicu lain (seperti stres) yang bisa berimbas ke migrain.

Melihat begitu banyaknya pilihan makanan di sekitar kita, mungkin ada baiknya kita mulai memperhatikan apa saja yang masuk ke mulut kita. Catat bagaimana makanan tertentu mempengaruhi tubuh, sehingga lain waktu Anda bisa menghindarkan sakit kepala. Inilah makanan yang dianggap menjadi penyebab sakit kepala:
1. Keju yang sudah tua, dan keju yang mengandung tyramine, substansi alami yang terbentuk ketika usia makanan bertambah. Kadar tyramine yang tinggi telah terbukti dapat menyebabkan hipertensi. Keju dalam berbagai rupa, seperti blue cheese, brie, cheddar, Stilton, feta, gorgonzola, mozzarella, muenster, Parmesan, Swiss, dan keju-keju lain yang telah diproses seringkali mengandung tyramine yang tinggi.

2. Makanan lain yang dikalengkan, atau diproses, yang tinggi kadar tyramine-nya. Bila Anda tak begitu ingat apa yang telah Anda makan sebelumnya, cobalah mengingat bagaimana reaksi tubuh Anda jika Anda makan acar, buah zaitun, dan sup kalengan. Kacang-kacangan juga bisa mengandung tyramine yang memicu sakit kepala, khususnya fava, pinto, garbanzo, dan buncis.

3. Alkohol, yang dapat mendorong sakit kepala ketika dicerna di dalam tubuh. Beri perhatian lebih saat Anda menikmati anggur merah, bir, wiski, dan sampanye. Jenis minuman inilah yang diidentifikasi sebagai pemicu sakit kepala. 

4. Masih ada banyak daftar makanan lain yang dapat menimbulkan sakit kepala dan migrain. Anda mungkin tak akan menyangka, karena ternyata selai kacang, keripik kentang, pizza, buah-buahan segar seperti kiwi, persik, dan rasberi, roti dan biskuit, adalah beberapa di antaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com