Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantik dan Segar di Bulan Puasa

Kompas.com - 02/09/2009, 12:17 WIB

KOMPAS.com - Selain keteguhan dan tekad, diperlukan fisik yang sehat dan segar selama berpuasa untuk bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Semangat untuk bisa mencapai yang terbaik selama beribadah di bulan Ramadhan pun perlu untuk dipertahankan. Salah satu caranya adalah dengan membuat diri lebih semangat. Tak hanya bisa membuat diri lebih segar dan bersemangat, tetapi juga sebagai inspirasi untuk orang lain yang melihat kita.

Amelia Prihantono, pengarang buku Muslimah Light MakeUp dan pakar kecantikan, mengatakan, penampilan fisik merupakan gambaran dari kecantikan dalam diri (inner beauty). Inner beauty datang dari hati yang ikhlas dan sedekah. Sementara untuk menggambarkan pribadi yang cantik, penampilan fisik pun harus diupayakan, karena tidak datang dengan sendirinya.

Agar terlihat segar dan menarik meski sedang berpuasa, perhatikan busana dan tata rias Anda. Busana yang rapi, berwarna cerah dan menarik akan membantu tampilan terlihat segar. Amelia pun menyarankan para wanita yang mengenakan kerudung untuk memilih bahan pakaian yang menyerap keringat, ringan, dan sejuk. Misalnya, koleksi Up 2 Date, busana khusus wanita Muslim yang terbuat dari spandeks, katun/woven, dan sifon. Warna yang dimiliki Up 2 Date cukup beragam, dari coklat, abu-abu, hitam, hingga warna ceria, seperti biru terang dan jingga. Begitu pun dengan kerudung yang dikenakan, Up 2 Date memiliki ragam jenis kerudung yang bisa dililitkan dengan ragam cara dan teknik agar terlihat modern. Jangan hanya menggunakan kerudung terlalu bertumpuk di siang hari. Ini diperlukan untuk membantu agar tubuh lebih sejuk, menyerap keringat, dan lebih percaya diri. Hindari bahan yang ketat atau yang tak menyerap keringat.

Sementara untuk tata rias, Amelia menyarankan untuk tetap menggunakan riasan berwarna, namun tetap ringan. Ariani Erlan, penulis pendamping buku Muslimah Light Make Up, memberikan tips untuk menggunakan riasan yang setidaknya menutup kekurangan pada wajah, dan tetap menonjolkan kelebihan wajah. Ia menyarankan untuk mengenakan warna-warna seperti merah muda, peach, dan krem. Menurut Ariani, makeup ringan cukup dengan pemakaian pelembab sebagai dasar, two way cake (bedak yang dilengkapi foundation), lipgloss, blush on, dan maskara. Untuk kesan lebih kuat, bisa ditambahkan eyeliner.

Amelia menekankan pentingnya hidrasi. Karena, umumnya, banyak orang yang mengalami dehidrasi di Indonesia yang suhu udaranya lembab. Disarankan untuk meminum minuman elektrolit atau air zam-zam saat sahur. Hidrasi amat penting untuk kelembaban dan kecantikan kulit, sebagai pencegahan kulit kering. Jangan lupakan pula perawatan di malam hari. Gunakan pelembab di seluruh tubuh, termasuk wajah sebelum tidur. Juga, hindari berendam saat mandi, karena bisa membuat kulit kering dan rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com