Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Antibiotik dengan Alkohol, Apa Jadinya?

Kompas.com - 07/09/2009, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Bila kita mencermati label obat antibiotik, tercantum pelarangan minum alkohol saat mengonsumsi antibiotik. Sebenarnya, apa efek samping yang mungkin timbul?

Menurut Dr.James Steckelberg, kepala Divisi Penyakit Infeksi di Mayo Clinic, efek samping dari mengombinasikan antibiotik dan alkohol sangat bervariasi, tergantung pada jenis antibiotiknya.

"Alkohol memang tidak akan mengurangi efektivitas kerja antibiotik. Tetapi, antibiotik dan alkohol punya efek samping yang sama, misalnya saja sakit perut, pusing, dan rasa ngantuk. Bila keduanya digabung, dikhawatirkan efek sampingnya akan meningkat," kata Steckelberg.

Beberapa jenis antibiotik, seperti metronidazole, tinidazole, dan trimethoprim sulfamethoxazole, tidak boleh dicampur dengan alkohol karena bisa menyebabkan timbulnya reaksi. Misalnya saja dada berdebar, sakit kepala, mual, muntah, jantung berdetak keras, dan sesak napas.

"Yang perlu diperhatikan adalah beberapa jenis obat flu dan obat kumur juga mengandung alkohol. Jadi, periksa label obat yang dikonsumsi," katanya.

Kendati jarang, namun alkohol juga bisa mengurangi efektivitas beberapa jenis antibiotik, seperti doxycycline. Selain itu, alkohol juga bisa mengurangi energi dan memperlambat kesembuhan penyakit. Karena itu, hindari alkohol sampai seluruh antibiotik habis atau sampai Anda sembuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com