Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browsing Internet Melawan Penuaan Otak

Kompas.com - 11/09/2009, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Sering browsing internet? Teruskan. Kegiatan ini ternyata membuat sel-sel otak kita bekerja aktif. Sebab, saat masuk ke dalam interaksi di dunia maya, kita perlu menimbang dan mengambil keputusan secara seksama. Informasi mana yang sebaiknya kita baca dan mana yang lebih diabaikan.

Secara mental, kegiatan ini juga jauh lebih menarik dibandingkan membaca buku yang tebal dan berat, demikian pendapat para ilmuwan di UCLA.

Studi yang mereka lakukan mendapati, ketika kita browsing, ada satu sirkuit saraf otak yang terangsang aktif. Hal ini tidak didapati pada orang yang sedang membaca buku. Tak hanya itu. Hasil scan MRI juga menunjukkan aktivitas otak meningkat hingga 3 kali lipat pada orang yang rutin menjelajah internet, dibanding yang baru berkenalan dengan internet.

Tips: Sisihkan waktu 20 menit sehari untuk mencari topik yang selama ini ingin kita pelajari atau ketahui dari internet. Misalnya berita terkini mengenai perkembangan artis mancanegara atau tangga lagu terbaru di luar negeri. Semua jenis informasi memiliki manfaat yang sama bagi otak kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com