Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit

Kompas.com - 17/09/2009, 17:04 WIB
Editor

KOMPAS.com - Sesungguhnya kita tak perlu keluar uang banyak untuk merawat tubuh. Langkahkan kaki ke dapur dan manfaatkan beragam bahan yang ada di kulkas. Contohnya jeruk nipis. Buah yang asam ini ternyata memiliki segudang manfaat, lho.

1. Mengecilkan dan merapatkan pori-pori
Potong tipis jeruk nipis, oleskan dagingnya pada kulit wajah, terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.

2. Menghaluskan dan mencerahkan kulit.
Potong tipis jeruk nipis. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya yang terlihat kusam atau kasar. Niscaya kulit Anda akan menjadi lebih cerah dan halus.

3. Kuku bersih dan cemerlang.
Peras airnya, lalu gunakan sedikit air jeruk nipis untuk menggosok kuku yang buram.

4. Menghilangkan ketombe.
Peras airnya, usapkan air perasan jeruk pada rambut dan kulit kepala. Biarkan kering selama 20 - 30 menit, lalu keramaslah. Lakukan dua sampai tiga kali.

5. Relaksasi (untuk mengurangi ketegangan pada otot tangan, kaki, atau pun bagian tubuh lainnya).
Iris tipis jeruk nipis, peras airnya, dan tambahkan dengan sedikit air, aduk rata. Kemudian, gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terasa pegal-pegal. Atau, dengan cara merendam bagian yang pegal di air perasan jeruk nipis yang telah dicampur air hangat di dalam ember kecil.

6. Menghilangkan bau keringat.
Campurkan air perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, kemudian gosokkan ke ketiak. Diamkan sesaat, kemudian basuh dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

7. Menghilangkan mulas-mulas pada waktu datang bulan.
Campur air perasan dari 1 buah jeruk nipis, parutan 1½ rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, dan 1 potong gula kelapa dengan ¾ gelas air masak, aduk rata dan saring. Minumlah pada hari pertama haid.

(Uut/Tabloid Nakita)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X