Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Anda Mempengaruhi Kesuburan?

Kompas.com - 18/09/2009, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Dalam sebuah penelitian yang disampaikan oleh Women's Health, ditemukan hubungan erat antara makanan dan kesuburan. Ada 4 menu khusus yang bisa membuat seorang wanita lebih mudah hamil, yakni;

1. Karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna, seperti gandum utuh dan sayuran. Coba kurangi roti tawar dan nasi putih.
2. Tidak mengkonsumsi lemak trans, seperti mentega atau minyak.
3. Pilih lemak tak jenuh ketimbang lemak jenuh.
4. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh nabati ketimbang protein hewani.

Diet glikemik rendah, yang menjaga tingkat kadar gula dalam darah dalam keadaan cukup dan stabil, telah lama diketahui mampu melawan diabetes dan mendorong kesehatan kardiovaskular. Diet ini ternyata juga menunjukkan efek yang luar biasa dalam kesuburan wanita.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang membuat kadar gula dalam darah meningkat, seperti karbohidrat simpel, tubuh akan memproduksi insulin. Zat ini akan membuat testosteron meningkat dalam tubuh. Ketika ini berlangsung berlarut-larut, akan mempengaruhi ovulasi. Ragam jenis lemak dan protein juga memengaruhi tingkat glukosa dan insulin dalam darah.

Jadi, jika Anda berencana untuk hamil, biasakan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran. Pilih ikan ketimbang daging merah. Tambahkan juga kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian dalam menu Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com