Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegemukan karena Persahabatan

Kompas.com - 08/10/2009, 15:02 WIB

KOMPAS.com — Hidup ini tentu lebih berwarna bila kita dikelilingi banyak teman baik. Tapi, dari teman kita juga bisa tertular kebiasaan buruk. Salah satunya adalah gaya hidup tak sehat yang bisa memicu kegemukan atau obesitas.

Bila teman Anda memiliki berat badan berlebih, kemungkinan badan kita untuk ikut melar pun meningkat jadi 57 persen. Angka itu melesat jadi 71 persen bila si teman tadi berjenis kelamin sama dengan Anda. Demikian menurut studi yang dilakukan para peneliti dari Harvard University, AS.

Menurut salah seorang peneliti, Nicholas Christakis, MD, PhD, bila kita terbiasa melihat orang dengan ukuran ekstra besar maka penerimaan kita terhadap ukuran tubuh bisa ikut berubah. Kita akan menganggap bertubuh besar bukanlah masalah. "Orang di sekitar kita bisa memengaruhi cara pandang kita tanpa pernah kita sadari," katanya.

Bila teman Anda memiliki pola makan tak sehat yang kaya lemak dan rendah serat, boleh jadi Anda tertular kebiasaan tersebut. Karena itu, Anda perlu menjaga prinsip dan pandangan tentang konsep sehat agar tidak mudah terpengaruh.

Punya teman yang punya kebiasaan minum alkohol juga akan berpengaruh pada kita. Bila teman Anda sering menenggak alkohol, Anda juga akan menganggap kebiasaan itu sebagai hal biasa. Para peneliti dari Universitas Texas, AS, menemukan bahwa 87 persen orang menjadi peminum berat bila teman mereka memiliki pandangan yang liberal soal alkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com