Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasir Kambuhan, Awas Kanker Rektum!

Kompas.com - 13/10/2009, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika anda menderita wasir atau ambien secara berulang-ulang dan tidak kunjung sembuh, waspadalah! Anda mungkin menderita kanker rektum atau kanker yang terjadi pada usus besar.

Menurut Kepala Unit Layanan Rujukan RS Dharmais, dr. Rismawaty Amiruddin, yang ditemui di sela-sela penyuluhan dini tentang kanker di Jakarta, Selasa (13/1), jika alat pencernaan terganggu dapat mengakibatkan perubahan kebiasaan buang air, yang dapat menyebabkan wasir.

Jika ambien tersebut tidak sembuh dan terjadi secara berulang-ulang, hal ini perlu diperiksakan lebih lanjut, karena kemungkinan pasien menderita kanker rektum.

Gejalanya adalah timbulnya benjolan-benjolan kecil di sekitar anus yang tumbuh menjadi besar, sekitar 1- 2 sentimeter. Awalnya, pasien mengira hanya mengidap ambien biasa, karena berdarah dan buang air besar tidak lancar.  Selain itu, banyak pasien merasa malu melakukan pengecekan, karena berhubungan dengan bagian bawah.

"Pernah ada pasien yang telat berobat, wajahnya sudah pucat, dan ketika diperiksa, benjolannya sudah sebesar kembang kol", ujar Rismawaty.

Kanker rektum ini memang bukan penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia, tapi termasuk 10 kasus kanker yang sering dilaporkan. Di negara maju, kanker ini menduduki peringkat tiga terbesar dan dapat menyebabkan kematian.

Kanker rektum ini terjadi pada bagian rektum usus besar, yang disebabkan karena saluran pencernaan terganggu akibat pola makan yang tak seimbang dan kurang makanan yang berserat.

"Jadi, orang yang menderita ambien dan belum sembuh, tidak perlu malu untuk memeriksakan ke dokter spesialis", ujar Rismawaty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com