Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilek dan Batuk Alergi Terkontrol, Hindari Asma!

Kompas.com - 15/10/2009, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Pada dasarnya, tidak sulit mengontrol pilek dan batuk alergi. Dengan penanganan yang tepat, pilek dan batuk tidak terjadi berulang. Dengan demikian risiko timbulnya asma berkurang.

Anak yang sudah jelas menderita pilek dan batuk alergi dapat diobati dengan pengontrolan bertahap tergantung dari derajat berat gejala.

Pertama kali datang ke dokter, anak akan diberi obat sesuai dengan kondisi saat itu. Seminggu kemudian, dokter akan mengontrol kembali pengobatan apakah berjalan efektif.

Bila tidak efektif, pengobatan akan ditambah sesuai keperluan dan pengontrolan dilakuan seminggu kemudian. Jika batuk dan pilek sudah berkurang, sekitar beberapa minggu pengobatan dikurangi secara bertahap. Bila sudah sembuh, pengobatan bisa dihentikan.

Pengobatan ini memang butuh kesabaran. Karena hasilnya tidak bisa langsung terlihat. Butuh proses yang bisa terjadi berbulan-bulan sehingga gejala tidak makin parah dan bisa diatasi.  

Jadi, sifat alergi yang menimbulkan batuk atau pilek pada dasarnya tidak dapat dihilangkan dari tubuh. Tetapi, kita bisa mengontrolnya hingga tidak berkembang menjadi asma.

dr. Intan Airlina Febiliawanti


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com