Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Targetkan Xenia 45.000 Unit sampai Akhir Tahun

Kompas.com - 19/11/2009, 08:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah meluncurkan Xenia Xi matik, PT Astra Daihatsu Motor berharap target 45.000 unit sampai akhir tahun di segmen low multi purpose vehicle bisa tercapai, apalagi peningkatan pasar di semester kedua tahun ini berdampak positif terhadap produk kolaborasi Daihatsu-Toyota tersebut.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Oktober 2009, penjualan keseluruhan Xenia telah mencapai 34.212 unit. Jumlah tersebut berhasil melampaui pencapaian sepanjang 2008 yang tercatat 34.065 unit. Sementara itu, di tingkat ritel, Xenia secara total terjual 32.659 unit hingga Oktober 2009.

Sudirman MR, Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan bahwa krisis keuangan global memengaruhi performa produksi Avanza dan Xenia di semester pertama tahun ini, yang mencapai rata-rata 15.000 unit per bulan. Peningkatan produksi rata-rata baru naik seiring naiknya permintaan pasar di semester kedua tahun ini.

Sekadar mengingatkan, pabrik yang dimiliki ADM saat ini juga memiliki fasilitas untuk memproduksi Avanza. Total target produksi tahun ini diperkirakan mencapai 145.000 unit.

"Sampai sekarang, inden Xenia masih berkisar satu hingga dua bulan. Kami harap sampai akhir tahun bisa mencapai target penjualan 45.000 unit," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (18/11).

Sekarang ini, di pasar domestik, Xenia ditawarkan dalam empat tipe, yakni Mi, Li, Xi manual, dan yang terbaru, Xi matik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com