Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatur Gaya Hidup agar Lambung Tetap Sehat

Kompas.com - 08/12/2009, 10:56 WIB

KOMPAS.com - Meskipun kesannya sepele, penyembuhan gastro esophageal reflex disesase alias GERD tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, perih pada lambung yang menjalar hingga ke kerongkongan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari para penderitanya.

Penderita GERD umumnya merasakan berbagai ketidaknyamanan. Seperti, dada terasa panas, sulit menelan, batuk kronik, dan sulit tidur. Apalagi, untuk menyembuhkan penyakit ini membutuhkan waktu cukup lama, yakni sekitar tiga sampai empat minggu.

Menurut Suhanto Kasmali, dokter umum dan Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit Mediros, Jakarta Timur, pengobatan untuk penderita GERD sejatinya tidak berbeda jauh dengan pengobatan untuk penderita sakit maag. Soalnya, sumber penyakit ini juga berasal dari lambung.

"Obat diberikan untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan," katanya.

Tapi, pengobatan bukan satu-satunya cara terlepas dari GERD. Apalagi, meski sudah diobati dengan obat medis, penyakit ini bisa kambuh jika si penderita tak menjaga kesehatan lambung.

Cara terbaik mencegah GERD adalah menjaga kesehatan lambung. Nah, sehat atau tidaknya kerja organ pencernaan ini bukan hanya dipengaruhi makanan atau minuman yang masuk ke tubuh, tapi juga ditentukan oleh gaya hidup seseorang.

Salah satunya, penderita GERD harus disiplin memilah asupan. "Penderitanya harus menghindari mengonsumsi makanan yang merangsang produksi asam lambung berlebihan," kata Suhanto.

Makanan bercita rasa asam dan pedas adalah pantangan bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan lambung. Begitu juga penderita GERD, sebaiknya mengurangi makanan dengan bahan baku santan, gorengan, durian, dan nanas.

Kurangi pula konsumsi minuman soda yang mengandung banyak gas. Gas dari soda akan membuat perut kembung dan perih. Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat juga bisa merangsang produksi asam lambung.

Sebaliknya, makanan lembut dan hangat bisa membantu lambung bekerja dengan baik. "Mengatur gaya hidup juga penting untuk menjaga lambung tetap sehat," kata Asrul Harsal, dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Contohnya, mengurangi minuman beralkohol, menghindari rokok, istirahat cukup serta menghindari stres.

Penderita GERD juga bisa melakukan aktivitas yang mencegah kerongkongan terpapar asam lambung. Misalnya, meninggikan kepala saat tidur dan menjaga berat badan ideal. Dikatakan Asrul, pasien asma juga cenderung menderita GERD. Sebab, obat-obatan yang mereka konsumsi berpotensi membuat nyeri lambung. (Sanny Cicilia Simbolo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com