Jus Buah Tidak Baik untuk Gigi

Kompas.com - 15/01/2010, 16:27 WIB
Editordin

KOMPAS.com - Jus memang disarankan untuk Anda yang ingin mengambil manfaat kesehatannya. Namun jika Anda mengonsumsi jus, misalnya untuk detoks atau menurunkan berat badan, dianjurkan untuk memilih jus tanpa gula. Sebab jus yang mengandung terlalu banyak gula tak hanya membuat Anda masih mengidap kegemukan, tetapi juga merusak gigi.

Penelitian yang dilakukan di Amerika mendapati bahwa gula dan asam yang terdapat dalam jus buah-buahan dapat merusak enamel gigi. Kondisi gigi bahkan bisa lebih parah jika Anda langsung menyikat gigi usai meminum jus. Enamel gigi melunak hingga satu jam setelah Anda meminum jus yang asam, sehingga membuatnya rapuh.

"Kadar asam dalam jus jeruk itu sangat kuat, sehingga gigi memang benar-benar larut," ujar pemimpin penelitian ini, YanFang Ren, yang juga dosen tamu di departemen gigi University of Rochester. "Hal ini berpotensi menyebabkan masalah yang serius untuk mereka yang minum jus buah atau minuman bersoda tiap hari."

Ada beberapa penyebab erosi gigi, termasuk asam larut, ketika asam yang alami membanjir ke mulut dan kadang-kadang mengerosi gigi belakang. Selain itu, menyikat gigi dengan kuat juga menyebabkan erosi gigi. Namun, kadar asam pada makanan kita lah yang menjadi penyebab terbesarnya.

"Kami sudah menemukan lebih banyak kasus erosi gigi," papar Dr George Druttman, dokter gigi di Cap City Dental, London. "Kami sendiri mengira sudah melakukan hal yang baik degnan minum minuman yang sehat, tetapi ternyata asam dalam minuman ini bisa melarutkan enamel."

Sayang, penelitian ini tidak memberikan saran mengenai buah-buahan jenis apa yang masih cukup aman untuk dikonsumsi. Demi kesehatan gigi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X