Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehat Berkat "Si Dogi" dan "Si Pus"

Kompas.com - 23/01/2010, 10:22 WIB

KOMPAS.com — Kebanyakan pemilik hewan peliharaan mungkin akan menganggap hewan-hewan menggemaskan itu sebagai sahabat terbaik. Namun, selain membuat hidup lebih berwarna, hewan peliharaan juga bisa membuat manusia lebih sehat jiwa dan raga.

Tahukah Anda bahwa hewan peliharaan adalah pemicu hormon rasa senang dan rileks alamiah. Hanya dibutuhkan waktu 15-30 menit dengan mengamati polah tingkah anjing, kucing, atau ikan, rasa cemas dan stres kita dijamin berkurang.

Saat kita melakukan aktivitas menyenangkan bersama hewan-hewan kesayangan, dalam tubuh kita terjadi perubahan fisik yang berpengaruh pada perubahan mood. Kadar kortisol, si hormon stres, juga akan menurun. Sebaliknya, kadar hormon serotonin, yang berkaitan dengan rasa senang dan nyaman, meningkat.

Penelitian terhadap 240 suami-istri yang memiliki hewan peliharaan menunjukkan, para pemilik hewan memiliki kadar tekanan darah yang rendah dibanding pasangan tanpa hewan peliharaan. Studi lain menyebutkan, anak-anak yang menderita hipertensi tekanan darahnya akan turun saat mereka bercengkerama dengan anjing atau kucingnya.

Riset yang dilakukan selama 20 tahun menunjukkan, pemilik hewan peliharaan bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. Orang yang tak berteman dengan hewan peliharaan memiliki risiko 40 persen lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dibanding pemilik hewan.

Kaitan antara penyakit jantung dan hewan peliharaan mungkin bisa dijelaskan dari turunnya tekanan darah para penderita hipertensi. Selain itu, para pemilik anjing juga biasanya lebih aktif bergerak karena mereka sering mengajak anjingnya berjalan-jalan.

Berteman dengan hewan peliharaan juga disarankan oleh banyak terapis dan pakar psikologi untuk orang-orang yang hidupnya rentan depresi. Kehangatan dan persahabatan yang manis dengan anjing atau kucing peliharaan bisa membuat hidup lebih nyaman. Kegiatan mengurus dan bermain dengan hewan peliharaan juga akan membuat seseorang menghabiskan waktunya secara berkualitas.  

Yang unik, para pakar menyatakan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan lebih jarang terkena alergi. Keuntungan tersebut juga didapat oleh anak-anak yang hidup di peternakan yang memelihara berbagai hewan ternak. Bahkan, mereka juga memiliki sistem imunitas yang lebih tinggi dibanding anak seumurnya yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com