Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Seputar "Bikini Wax"

Kompas.com - 23/01/2010, 11:36 WIB

KOMPAS.com — Pernah mencoba bikini wax? Mungkin untuk Anda yang gemar berenang, atau Anda yang biasa memakai celana dalam model bikini, bikini wax sudah pernah Anda lakukan. Sebab ketika Anda memakai bikini, dan bulu-bulu pubis Anda mencuat keluar, hal ini tentu tidak sedap dipandang. Namun, kebiasaan mencukur ini mungkin Anda hentikan karena Anda kurang tepat melakukannya.

Bila menyangkut area yang sensitif di tubuh kita, metode terbaik untuk mencabut rambut atau bulu yang tidak diinginkan tergantung dari banyaknya rambut atau bulu yang ingin Anda bersihkan dan sensitivitas dari kulit itu sendiri. Pada dasarnya, wax merupakan cara untuk mendapatkan kulit yang mulus tanpa bulu dalam jangka waktu panjang. Namun, untuk itu Anda perlu tahu cara-caranya:

* Jangan menggunakan obat-obatan penghilang sakit seperti obat sakit kepala sebagai cara untuk menghilangkan rasa sakit sebelum wax dilakukan. Obat sakit kepala akan membuat aliran darah menyempit dan bisa menyebabkan pendarahan ataupun memar. Minta saran dokter untuk mencari obat penghilang rasa sakit, misalnya dengan salep.

* Jika bulu atau rambut pada kemaluan Anda terlalu panjang, lebih baik Anda merapikannya terlebih dahulu sehingga menjadi pendek. Dengan demikian, kerja beautician yang menolong Anda akan lebih mudah dan cepat, dan hasilnya pun lebih bersih. Cara ini juga untuk menghindari biaya berlebih karena Anda harus membuang rambut lebih banyak lagi.

* Gunakan bentuk bikini atau pakaian dalam Anda sebagai patokan atau desain dari model wax yang akan Anda pilih. Jika pakaian dalam atau bikini yang Anda pakai tidak terlalu mini (bukan celana dalam model bikini), maka Anda tidak perlu mencukur terlalu banyak. Model ini dikenal dengan nama American wax. Cara ini hanya membuang sedikit bulu pada bagian atas dan sedikit di lipatan paha.

Ingat, bulu di bagian intim Anda sebenarnya diperlukan untuk mencegah bakteri masuk ke liang vagina Anda. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan thong atau pakaian renang berbentuk segitiga, maka sebaiknya Anda memilih Brazilian wax. Brazilian wax akan membuang semua bulu di kemaluan. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk tampil mulus tanpa bulu, meskipun caranya memang sedikit lebih sakit dari jenis bikini wax lainnya. Selain itu ada French wax, yang merupakan cara untuk membuang bulu dengan hanya menyisakan bentuk garis di bagian tengah atas kemaluan.  

* Daerah yang sudah di-wax biasanya akan jadi sensitif dan mudah lecet. Jadi, jangan gunakan alat mandi seperti sikat, loofah, atau bath lily untuk menggosoknya. Gunakan lotion mandi yang lembut atau cairan penyegar yang memang ditujukan untuk kulit sehabis di-wax. Namun, jika setelah dicukur kulit Anda menjadi kemerahan atau menghitam, gunakan pemutih kulit sebanyak dua kali sehari pada bagian yang hitam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com