Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Jamsostek dan Koleksi Ribuan Dasi

Kompas.com - 17/02/2010, 12:07 WIB

KOMPAS.com — Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga selalu tampil necis dalam setiap acara yang dihadirinya, lengkap dengan jas dan dasi yang selalu menjuntai di lehernya. Siapa sangka, bos perusahaan pelat merah itu mempunyai koleksi lebih dari 1.000 helai dasi.

Saat berbincang soal koleksinya tersebut, mata Hotbonar tampak berbinar dan bersemangat. Koleksi dasi yang kini tersimpan rapi di rumahnya itu mempunyai sejarah panjang. 

Kegemaran Hotbonar pada dasi berawal saat masih kuliah, bertahun-tahun silam. "Dulu masih pinjam sama Babe karena belum bisa beli sendiri," kelakar Hotbonar.

Kecintaannya terhadap dasi berlanjut saat bekerja. Sewaktu menjabat sebagai managing director pada sebuah perusahaan broker asuransi yang berasosisasi dengan broker Amerika (Johnson Higgins) tahun 1986, Hotbonar mulai serius dengan koleksi dasinya.

Saat itu dia mulai rajin membeli dasi sebagai salah satu perlengkapan "perangnya" saat bekerja. "Jadi direktur, kan, harus keren," lanjutnya.

Untuk urusan motif, Ayah dua anak itu termasuk pria romantis. Hal tersebut disebabkan Bonar, beginilah pria itu akrab disapa, merupakan salah satu pria pencinta motif bunga. Alasannya, dia mengaku karena motif bunga cenderung meriah sehingga bisa membuatnya tampak lebih muda. "Karena meriah, jadi untuk menipu umur," tuturnya sambil tersenyum.

Kecintaannya terhadap motif bunga sering kali membuat orang lain berpandangan negatif. Sampai-sampai putri kesayangannya enggan jika harus bepergian bersama Bonar. "Takut dikira jalan sama om-om," ungkap Bonar, menirukan kata-kata putrinya, sambil tertawa.

Namun, bukan berarti koleksi dasi Bonar mutlak bermotif bunga. Beberapa motif dasi lain juga menjadi incarannya. Bahkan, dasi dengan motif kartun juga dimilikinya. Namun, untuk motif yang satu itu jarang dikenakannya. "Jarang dipakai karena malu," ujarnya.

Satu hal yang tidak pernah luput dari Bonar saat mengenakan dasi adalah cuff link atau penjepit yang dipasang pada lengan baju. Karena itulah, ayah dua anak ini selalu memastikan adanya lubang untuk memasang cuff link pada kemejanya. Jika tidak, ia akan melubanginya sendiri dengan cutter atau benda tajam lainnya. Karena itulah, koleksi cuff link Bonar tidak kalah banyaknya dengan jumlah dasinya.

Tentu saja, berburu dasi merupakan salah satu kegemaran Bonar. Pria berdarah Batak ini sangat tergila-gila dengan merek terkenal. "Saya akui, saya memang gila merek," cetusnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com